Bupati Siak terima penghargaan atas WTP 10 kali

id Bupati, Siak, penghargaan, Menkeu

Bupati Siak terima penghargaan atas WTP 10 kali

Bupati Siak, Alfedri saat menerima penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani sebagai pemerintah daerah yang sudah meraih Opini WTP 10 kali berturut-turut. Sejatinya Pemkab Siak saat ini sudah memperoleh WTP 11 kali berturut-turut dari BPK Perwakilan Riau. ANTARA/HO-Pemkab Siak.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani atas raihanopini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menkeu Sri Mulyani kepada Bupati Siak Alfedri saat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Gedung Dhanapala, Kemenkeu Jakarta, Kamis. Pemerintah Kabupaten Siak sebelumnya juga menerima opini WTPatas pelaporan keuangan untuk tahun 2021.

“Terimakasih dan apresiasi kami sampaikan kepada seluruh OPD dan semua pihak yang telah bersama-sama berkomitmen dan bersungguh-sungguh meningkatkan akuntabilitas pengelolaan akuntansi keuangan yang baik. Mari jadikan pencapaian ini sebagai motivasi bagi kita semua mewujudkan Kabupaten Siak pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” kata Alfedri dalam keterangan tertulis.

Dikatakan Alfedri, banyak kemajuan di bidang pengelolaan dan pelaporan keuangan yang dicapai sejak Kabupaten Siak mendapatkan penilaian WTP dari BPK Perwakilan Riau. Di antaranya tata kelola keuangan yang dijalankan pemkab menjadi sesuai dengan aturan-aturan yang ada selain mendapatkan dana insentif daerah setiap tahun.

"Tata kelola perjalanan dinas semakin tahun semakin sedikit, dijumpai kasus pengembalian kepada kas daerah, demikian juga kegiatan proyek pembangunan juga minim kelebihan bayar. Intinya ada perubahan prilaku aparatur dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelas Alfedri.

Alfedrimengikuti acara Rakernastersebut dalam rangka peningkatan akuntabilitas pelaporan keuangan, dan memperkuat akuntabilitas kinerja pada pemerintah pusat dan daerah, serta menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan penyerahan penghargaan kepada peraih opini WTP meliputi kategori tertentu.

Ia menjelaskan bahwa opini WTP merupakan pencapaian seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Siak melalui penyusunan laporan keuangan masing-masing OPD. Karena itu ia mengajak sinergitas dan kolaborasi dalam penyusunan laporan keuangan ke depan dapat terus ditingkatkan.