Alfedri terima penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

id Bupati, Siak, penghargaan, KLHK

Alfedri terima penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

Bupati Siak, Alfedri (batik hijau) pada kegiatan penyerahan penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK. Pada kesempatan itu Siak meraih Terbaik III kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Kecil. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Terbaik III Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Kecil yang berhasil dalam merumuskan kebijakan terkait penyelamatan lingkungan.

Anugerah Nirwasita Tantra tersebut diserahkan Wakil Menteri LHK di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu. Anugerah tahun ini merupakan yang ke-40 tahun diberikan kepada daerah.

"Penghargaan Nirwasita dari Kementerian LHK tersebut merupakan bentuk penilaian pemerintah atas implementasi kebijakan penyelamatan lingkungan dari kerusakan, salah satunya kita punya Perda Kabupaten Siak Hijau,” kata Bupati Siak, Alfedri dalam pesannya diterima di Siak.

Kabupaten hijau lanjutnya mendorong prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pemanfaatan sumberdaya alam (SDA) dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Perda Siak Hijau lahir kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat lingkungan yang tergabung dalam Sodagho Siak.

Kebijakan Siak Hijau dianggap sebagai satu model pembangunan di level kabupaten yang dapat menjadi solusi. Hal itu terkait persoalan lingkungan sekaligus persoalan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

”Agar gambut kita terjaga, masyarakat tidak hanya menanam sawit. Namun masyarakat bisa jaga gambut dengan budidaya ikan gabus, yang memiliki nilai ekonomis. Tanam nenas dan sagu sebagai pendamping makanan pokok beras yang ditanam di lahan gambut,” ungkapnya.

Tidak itu saja, kata dia, Pemkab Siak sedang mendorong warga yang memiliki tanah obyek reformasi agraria (TORA) untuk ditanam tanaman holtikultura, di antaranya jagung, padi, buah naga dan kopi.

Selain Bupati, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan juga meraih penghargaan Nirwasita Tabtra tersebut. Menurut Indra Gunawan, hal ini tidak bisa dilakukan dan berjalan dengan baik tanpa kerja sama dengan pemerintah, pimpinan dan rekan-rekan DPRD juga dukungan semua pihak.

“Artinya ini penghargaan untuk kita semua. Dengan harapan ke depan kita terus bersama mendedikasikan diri untuk lingkungan Siak menjadi semakin hijau dan lebih baik lagi,” ucap Indra Gunawan.