Ratusan UMKM Sumbagut ikuti pelatihan Pertamina UMK Academy 2024

id Academy, umkm, pertamina

Ratusan UMKM Sumbagut ikuti pelatihan Pertamina UMK Academy 2024

Pertamina UMK Academy 2024 secara daring diikuti 290 UMKM wilayah Sumbagut. (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 290 Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau yang merupakan area kerja Pertamina Sumatera bagian utara (Sumbagut) mendapatkan pelatihan program UMK Academy 2024.

Pelatihan ini digelar PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara dalam rangka mendukung UMKM naik kelas dan menjadi penggerak ekonomi nasional,

"UMK Academy yang dilakukan Pertamina ini sudah berjalan kurang lebih lima tahun, dimulai dari tahun 2020. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta Pertamina UMK Academy 2024 ini semakin berkembang dan bisa naik kelas," kata Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria usai menggelar kick-off Pertamina UMK Academy 2024 secara daring dikutip di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, pihaknya kembali menggelar Pertamina UMK Academy 2024 untuk menjaring dan mencetak UMK-UMK sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan bisa naik kelas lebih cepat.

Dengan mengambil tema Beri Energi Baru Menuju UMK Maju, Pertamina melalui Pertamina UMK Academy 2024 berkomitmen mendukung pengembangan UMK yang berkelanjutan sehingga dapat membantu pemberdayaan UMK secara optimal. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Ia menjelaskan, program ini melibatkan para ahli di bidangnya, terdapat kelas go modern, go digital, go online, go global. Praktiknya muatan program terdiri dari pelatihan, pendampingan usaha dan sertifikasi.

Usai mengikuti seluruh tahapan program, UMK bisa memanfaatkan teori dan praktik yang didapatkan demi menunjang kemajuan usaha. Kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kemampuan, kemandirian UMK agar dapat bersaing tidak hanya di pasar lokal tapi juga global.

"Jadi akan ada lebih kurang tujuh pertemuan dan para UMK bisa mengikutinya secara online dan hybrid. Dari 290 UMK yang mengikuti kegiatan ini, nantinya akan dipilih lima UMK terbaik dan menjadi perwakilan Sumbagut dan akan mengikuti skala nasional," kata Satria.

Sementara itu, salah satu peserta Pertamina UMK Academy 2024 sekaligus pemilik usaha makanan dan minuman (food and beverage) asal Deli Serdang, Anita mengatakan, ia sangat senang dan antusias untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan yang akan dilaksanakan oleh Pertamina.

"Saya senang bisa terpilih menjadi peserta Pertamina UMK Academy 2024 karena nantinya kami akan mendapat pelatihan dan pendampingan. Saya juga berharap dengan mengikuti kegiatan ini, usaha saya semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Semoga usaha saya juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi ekonomi lokal dan nasional," jelas Anita.

Berlangsung selama lima sampai enam bulan dengan beberapa macam aktivitas pembinaan dan pelatihan Pertamina UMK Academy akan dilakukan secara hybrid. Selanjutnya, peserta yang terjaring akan menuntaskan program sampai Desember 2024.