Pemkab Siak beri beasiswa kuliah bagi 250 anak penerima PKH

id Beasiswa mahasiswa Siak, program keluarga harapan, pemkab Siak berikan

Pemkab Siak beri beasiswa kuliah bagi 250 anak penerima PKH

Bupati Siak Alfedri menyampaikan program beasiswa bagi anak penerima PKH untuk kuliah di perguruan tinggi. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak memberikan kuota 250 orang beasiswa kuliah hingga tamat untuk anak keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dalam program Beasiswa Untuk Anak Siak (BeTUNAS) pada 2024.

Bupati Siak, Alfedri dalam sosialisasi beasiswa tersebut di Siak, Selasa, mengatakan pihaknya berkeinginan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Siak lebih unggul pada masa mendatang.

Salah satu upayanya, katanya, memberikan beasiswa untuk anak-anak Siak yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Kami dengan Pak Wakil ingin keluarga penerima PKH ini anak-anaknya bisa kuliah juga. Minimal di keluarga tersebut ada anaknya yang sarjana dan bisa meningkatkan derajat ekonomi keluarganya nanti,” kata dia.

Dia mengatakan anak penerima PKH ini diberikan beasiswa kuliah di 12 perguruan tinggi yang melakukan kerja sama dengan Pemkab Siak, baik di Provinsi Riau maupunluar daerah itu.

Kampus dalam provinsi, di antaranya Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Politeknik Caltex Riau, Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Syarif Hasyim Siak, Program Studi di Luar Kampus Utama Politeknik Sriwijaya Siak.

Kampus diluar Provinsi Riau,Universitas Tazkia Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, IIQ, Universitas Perbanas Surabaya, dan Politeknik Pariwisata Batam.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Dicky Sofyan mengatakan kuota beasiswa untuk PKH tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Pada 2021, penerima beasiswa PKH27 orang, pada 2022 tercatat 126 orang, pada2023 tercatat 230 orang, dan pada 2024 sebanyak 250 orang.