Semarakkan momen Ramdhan sebanyak 5.300 paket berbuka dibagikan ke jamaah Masjid Raya Annur

id Pemerintah Provinsi Riau

Semarakkan momen Ramdhan sebanyak 5.300 paket berbuka dibagikan ke jamaah Masjid Raya Annur

Sejumlah pengunjung masjid Raya Annur Pekanbaru berbuka puasa bersama, Jumat (15/3/2024). (ANTARA/Humas Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 5.300 paket berbuka puasa telah dibagikan kepada pengunjung atau jamaah Masjid Raya Annur dalam rangkaian agenda berbuka bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan pengurus masjid menyemarakkan momentum Ramadhan 1445 H/2024 M.

Sebanyak 5.300 paket berbuka itu, 1.000 paket takjil dari Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, lalu 4.300 paket sedekah dari 43 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, kita sudah menerima bantuan langsung berupa seribu paket buka puasa langsung dari Penjabat Gubernur Riau serta sedekah dari warga dan jamaah," kata Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Annur (BPMA) yang juga Panitia Ramadhan Mesjid Raya Annur 1445 Hijriah, Zulkarnain Umar di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan panitia juga memberi kesempatan bagi pejabat termasuk masyarakat yang berniat memberipaket berbuka puasa di Masjid Raya Annur setiap hari. Di antaranya sedekah dari Dr Hj Nurliah, Ketua Kerukunan Masyarakat Indragiri Hilir di Pekanbaru menyumbangkan sebanyak 500 paket sahur dan takjil. dari Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan, Dinas LHK Provinsi Riau yang dilaksanakan setiap Jumat.

"Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah berpartisipasi seperti Biro Pengadaan dan Jasa (PBJ), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas LHK, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dispersip, DPMPTSP, Bapenda, Badan Penghubung, Dinas Perhubungan, dan Disnaker," katanya.

Lalu, juga ada Dinas Kebudayaan, Dinsos, Satpol PP, Dispar, Disperindag, BPSDM, RSUD Petala Bumi, Inspektorat, Diskominfotik, Pmdukcapil, RS Jiwa Tampan, DP3AP2KB, Dinas Peternakan, Biro Perekonomian, BKD.

Kemudian, Biro Organisasi, Biro Tapem, Biro Pembangunan, Biro Kesra, BPBD, DPTPH, ESDM, Dinkes, Biro Umum, Biro Adpim, Disbun, Dispora, Biro Hukum, PMD, Dinas PU, Sekwan, Dinas Pendidikan, dan Kesbangpol.

Momentum Ramadhan 1445 H/2024 M, ia mengatakan, keluarga para pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad juga banyak memanfaatkan aula lantai satu Mesjid Raya Annur Pekanbaru sebagai tujuan berbuka. Panitia Ramadhan masjid terbesar di Riau ini memberikan pelayanan dan menu berbuka secara cuma-cuma.

Badan Pengelola Masjid Raya An Nur menyediakan 50 paket berbuka puasa dan gorengan sebagai tambahan menu takjil. Selain itu, ada juga Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) menyediakan 100 paket berbuka puasa.

"Alhamdulillah, sedekah masyarakat terus mengalir ke rekening BPMA. BPMA ibarat jembatan bagi masyarakat Riau dalam berbuat kebaikan. Kami terima, lalu kami kasih lagi kepada masyarakat yang berhak menerima manfaat," ucap Yandry Susila Bendahara BPMA.

"Kita terus mengakomodir keinginan masyarakat Riau bersedekah untuk menu berbuka puasa setiap hari, menu tadarus, dan menu sahur untuk sepuluh hari terakhir Ramadhan 1445 H," demikian Yandry.*