BBPOM di Pekanbaru tingkatkan koordinasi pengawasan obat dan makanan di Riau

id Bbpom, bbpom pekanbaru, balai pom

BBPOM di Pekanbaru tingkatkan koordinasi pengawasan obat dan makanan di Riau

Suasana rakor yang digelar BBPOM di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - BBPOM di Pekanbaru menyelenggarakan Rapat Koordinasi Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan Wilayah Provinsi Riau serta Monitoring dan Evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Pengawasan Obat dan Makanan Tahun Anggaran 2023 yang dihadiri oleh organisasi perangkat daerah kabupaten/kota dan Provinsi, Kamis (7/3).

Acara tersebut merupakan kegiatan setiap tahun dengan tujuan meningkatkan koordinasi dan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota sehingga kegiatan pengawasan obat dan makanan menjadi optimal, paripurna dan berkelanjutan.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga dilakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan DAK NF POM TA 2023 di Provinsi Riau.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riaudrg. Sri Sadono Mulyantoyang menyambut baik dan menyampaikan dukungan Pemerintah Provinsi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Balai Besar POM di PekanbaruAlex Sander, S.Farm Apt MH terkait hasil pengawasan obat dan makanan tahun 2023 dan Kegiatan Terpadu Pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2024.

Paparan materi juga diberikan oleh Suta Wiraprajaselaku fungsional ahli madya pengawas perdagangan dariDisperindagkop UKM Provinsi Riau terkait peran dan dukungan Disprindagkop UKM Provinsi Riau dalam pembinaan sarana produksi dan distribusi obat dan makanan.

Selain itu, disampaikanjuga peran Dinas Kesehatan dalam mendukung pengawasan obat dan makanan serta pelaksanaan DAK NF TA 2023 juga disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pada kesempatan ini juga turut dilakukan pemberian penghargaan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir yang menyabet predikat kinerja terbaik pelaksanaan DAK Non Fisik POM Tahun Anggaran 2023.

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru jaring kosmetik ilegal

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru temukan gudang penyimpanan kosmetik impor ilegal aneka merek