Bupati: Perbaikan jalan utama Sungai Mandau-Siak jadi prioritas

id Bupati Siak prioritaskan, perbaikan jalan utama, Sungai Mandau Siak

Bupati: Perbaikan jalan utama Sungai Mandau-Siak jadi prioritas

Bupati Siak ketika menghadiri Musrenbang Sungai Mandau. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak saat ini sedang berfokus pada perbaikan jalan utama dari Siak menuju Sungai Mandau dan Perawang.

Jalan tersebut merupakan satu-satunya akses masyarakat Sungai Mandau untuk menjangkau ibu kota kabupaten dan kecamatan Tetangga Tualang Perawang.

"Kita tidak bisa mengakomodir semua usulan masyarakat, karena keterbatasan anggaran. Namun jalan Siak-Sungai Mandau ini, menjadi fokus kami bagaimana jalan tersebut bisa di aspal ulang," sebut Alfedri di Sungai Mandau,Kamis.

Bupati Alfedri yang hadir di pertengahan acara Musyawarah Rencana Pembangunan menjelaskan untuk pembangunan infrastruktur hanya 25 persen dari APBD kabupaten. Itu bukan untuk pembangunan jalan, akan tetapi untuk pembangunan lainnya seperti sekolah, kesehatan, termasuk infrastruktur dasar seperti air bersih.

"Oleh sebab tu, terkait infrastruktur, kita menggunakan skala prioritas. Apa yang menjadi prioritas kecamatan yang penting di bangun. Termasuk jalan kecamatan yang menjadi tanggung jawab Pemkab, akan kita coba usulkan ke Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Riau, termasuk Pemprov Riau dan Pihak Swasta yang juga pengguna jalan Sungai Mandau-Siak," harap Alfedri.

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat membuka Musrenbangdan Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Sungai Mandau menjelaskan Musrenbang ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengumpulkan usulan, aspirasi dan kebutuhan masyarakat agar terakomodasi ke dalam proses perencanaan pembangunan untuk tahun 2025.

"Ditargetkan di bulan Februari ini, Musrenbang Kecamatan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Siak selesai dilaksanakan dengan Forum Perangkat Daerah pada Maret. Sehingga di bulan April bisa kami rembugkan pada Musrenbang tingkat kabupaten", ucap Husni.

Husni menyebutkantema pembangunan Pemerintah Kabupaten Siak pada tahun 2025 memantapkan infrastruktur dasar yang Inklusif, sumber daya manusia yang berkualitas, serta tata kelola pemerintah yang amanah.

"Untuk penjabaran tema pembangunan Pemkab Siak tahun 2025, di antaranya infrastruktur dasar yang Inklusif, yakni membangun atau meningkatkan sistem penyedia air bersih, untuk memastikan akses yang merata. Kemudian meningkatkan akses jalan dan jembatan, untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, hasil perkebunan dan pertanian," terangnya. (infotorial)