KPU Riau laporkan tidak ada TPS yang digeser saat Pemilu 2024

id kpu, pemilu, 2024

KPU Riau laporkan tidak ada TPS yang digeser saat Pemilu 2024

anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto menyalurkan hak suranya pada Pemilu 2024 di TPS 008, Delim, Pekanbaru, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menyatakan sejauh ini pelaksanaan pemubgutan suara di wilayah setempat di berjalan sesuai rencana,karena didukung oleh cuaca yang bersahabat sehingga hal-hal yang dikhawatirkan untuk menggeser tempat pemungutan suara (TPS) sejauh ini tidak dilakukan.

"Alhamdulillah sesuai doa kita bersama cuaca di Riau bersahabat sehingga wilayah yang dikhawatirkan rawan banjir sejauh ini tidak ada pergeseran atau pemindahan TPS," kata Anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto kepada ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Nugroho mengatakan sejauh ini KPU belum menerima laporan kendala untuk TPS dan penyelenggaraannya di seluruh kabupaten/kota se Riau.

Ia yakin bahwa cuaca Riau secara umum masih dalam kondisi mendukung dan aman untuk pelaksanaan pemungutan suara hingga siang hari, walau ada beberapa kabupaten/kota hujan namun kondisi hujan yang masih normal.

Namun demikian ia berharap warga tidak menyurutkan niatnya untuk datang ke TPS menyalurkan suaranya guna memilih pemimpin di Indonesia.

"Mari kita manfaatkan hak suara kita datanglah ke TPS yang sudah ditetapkan, jangan golput," katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Riau Ilham Muhamad Nasir membenarkan saat ini ada 19.366 TPS di Riau, dari jumlah tersebut sebanyak 845 TPS berada di lokasi yang rawan banjir.

"Dari 845 TPS dilokasi rawan banjir itu diprediksi ada 53 wilayah yang memang tidak bisa dilaksanakan proses pemilu jika banjir terjadi," kata Ilham.

Namun Ilham yakin hal itu tidak bakalan terjadi, dan terbukti saat ini semua lokasi TPS dalam kondisi aman dan terkendali melaksanakan proses pemilihan dengan lancar.

Perlu diketahui Riau kini miliki daftar pemilih tetap (DPT) 4.732.174 orang pemilih yang tersebar pada 172 kecamatan, dan 1.862 kelurahan/desa.