Polres Siak siapkan 820 personel amankan pemilu

id Personel pengamanan Pemilu, Polres Siak siapkan, pemilihan umum 2024

Polres Siak siapkan 820 personel amankan pemilu

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi ketika melakukan pengecekan kesiapannpasukan untuk pengamanan pemilu 2024. ANTARA/HO-Polres Siak.

Siak (ANTARA) - Kepolisian Resor Siak menyiapkan 820 personel yang terdiri dari 600 anggota kesatuan dan 190 personel bantuan kendali operasi (BKO) dari Polda Riau serta 30 personel Brimob untuk pengamanan pemilu setempat.

"Dari 1.365 tempat pemungutan suara (TPS) sudah terpenuhi rasio pengamanan kita. Dari Polres Siak 600 tambah 220 dari Polda jadinya 820 personel," kata Kepala Polres Siak Ajun Komisaris Besar Polisi Asep Sujarwadidi Siak, Senin.

Hal itu dikatakannya usai apel pergeseran pasukan dalam rangka pungut dan hitung suara pemilu tahun 2024 setelah menerima personel BKO Polda Riau dan BKO Brimob.

Dia menyampaikan agar setiap personel harus sudah tahu tugas dan tanggung jawab masing-masing yang sesuai dengan standar prosedur operasional pengamanan pemilu yang sudah disosialisasikan sebelumnya.

"Seluruh personil yang ada agar selalu menjaga kesehatan fisik dan mental, dan saya perintahkan kepada seluruh perwira atau yang diseniorkan di masing-masing sub bagian kerja, agar bertanggung jawab atas daerahnya masing-masing," ujar Kapolres Siak.

Dia meminta juga agar segera melaporkan apabila ada kejadian yang menonjol yang dapat mengganggu stabilitas menjelang saat pelaksanaan atau pasca pemilu. Dirinya mengarahkan agar pelaporan kegiatan di lapangan menggunakan sistem daring supaya perkembangan situasi dan kondisi di lapangan dapat termonitor dengan cepat dan efisien.

"Saya berharap sinergitas TNI-Polri dan semua unsur terkait dapat terus terjalin, sehingga dalam pengamanan pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar," harapnya.

Kapolres menyampaikan bahwa hingga saat ini tak ada pelanggaran di masa tenang. Namun begitu dia menginstruksikan agar terus dilaksanakan analisa dan evaluasi setiap hari di masa tenang ini.

"Jaga dan kawal untuk Kabupaten Siak. Jika Siak aman, negara aman," imbuhnya.