Kapolda Riau pastikan personel siap untuk pengamanan TPS pada Pemilu 2024

id Polda Riau,Pemilu 2024,Pengamanan pemilu

Kapolda Riau pastikan personel siap untuk pengamanan TPS pada Pemilu 2024

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat apel gelar pasukan persiapan pengamanan TPS. (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal memimpin pelaksanaan apel pasukan sebagai bagian dari persiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di halaman Mapolda Riau, Jalan Pattimura, Selasa.

Sebagai simbol kesiapan, secara simbolis peralatan yang diperlukan untuk pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024, seperti baju, kaos kaki, dan tas ransel, diserahkan kepada personel yang akan bertugas.

Dalam amanatnya, Irjen Iqbal menjelaskan bahwa apel kesiapan Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) adalah perwujudan kesiapan mereka sebagai garda terdepan untuk menjamin keamanan selama Pemilu 2024.

"Momentum Pemilu adalah puncak demokrasi suatu negara. Oleh karena itu, Polri wajib melaksanakan strategi pengamanan baik saat pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara, dan selalu berkoordinasi dengan TNI, KPU, Bawaslu, serta unsur-unsur terkait lainnya,” ucap Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal juga menegaskan bahwa pada tanggal 11 Februari 2024 mendatang, Polda Riau akan melepas sebanyak 1.664 personel BKO Polda Riau dan BKO Brimob, yang akan ditugaskan pada Pengamanan TPS di 12 kabupaten di Provinsi Riau.

"Untuk itu, kita harus siap dalam segala aspek. Taj hanya kesiapan fisik, tetapi juga kesiapan dalam aspek lainnya. Oleh karena itu, saya menekankan agar persiapan wawasan, strategi taktis dan teknis, fisik, dan kesehatan fisik dimulai sejak sekarang, sehingga tugas mulia yang akan diemban dapat terlaksana dengan baik," lanjutnya.

Iqbal menambahkan bahwa persiapan dalam segala aspek harus sudah dilakukan sebelum tanggal 11 Februari 2024.

Ia menginstruksikan Karo Ops untuk mengumpulkan semua personel yang akan ditugaskan pada PAM TPS, serta menekankan perlunya persiapan dari segala aspek, termasuk kesiapan fisik, produktivitas, dan pemahaman karakteristik daerah setempat.