PPLN Los Angeles gelar doa bersama jelang pelaksanaan Pemilu 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,PPLN,Pemilu 2024

PPLN Los Angeles gelar doa bersama jelang pelaksanaan Pemilu 2024

Arsip Foto - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Praha menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 kepada warga negara Indonesia (WNI) di Republik Ceko, Kamis (29/6/2023). (ANTARA/HO-KBRI Praha/am)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Los Angeles, Amerika Serikat Rosdiana Susanto mengatakan pihaknya mengelar doa bersama untuk menciptakan situasi kondusif jelang Pemilu 2024 mendatang.

"Selain sosialisasi ke berbagai tempat ibadah dan mengadakan pertemuan, dilakukan juga doa lintas agama bersama para pemuka agama, saksi partai politik (parpol) dan pasangan calon (paslon) serta Badan Pengawas Pemilu (panwaslu) menjelang Hari H," kata Rosdiana saat dihubungi ANTARA pada Selasa.

Rosdiana menjelaskan bahwa PPLN Los Angeles telah mengadakan sosialisasi kepada para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta saksi-saksi paslon dan parpol, sehingga mereka lebih memahami tentang peraturan dan tahapan pemilu.

Terkait pendistribusian logistik kebutuhan Pemilu, ujar dia, sejauh ini sudah berjalan dengan baik.

"Surat suara sudah dikirimkan ke para pemilih untuk pemungutan suara metode Pos. Sampai saat ini surat suara kembali sekitar 12 persen," ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Rosdiana, terjadi kendala dalam pendistribusian surat suara melalui Pos lantaran kinerja kantor pos di Amerika sangat lambat dan beberapa surat suara yang dikirim tidak sampai di tempat tujuan setelah 1 bulan sejak tanggal pengiriman.

"Solusinya, pemilih yang belum menerima surat suara diminta datang ke TPS pada hari H pencoblosan dan mengisi surat pernyataan belum menerima surat suara dan akan diberikan surat suara dan langsung mencoblos di lokasi," paparnya.

Warga negara Indonesia (WNI) di Los Angeles akan melaksanakan Pemilu 2024 pada 10 Februari mendatang pada pukul 9 pagi waktu setempat (11 Februari, 00.00 WIB) sampai 5 sore waktu setempat (11 Februari, 08.00 WIB).

Sementara itu, untuk penghitungan surat suara dilakukan pada 14 Februari untuk TPS dan 15 Februari untuk metode Pos.

Menurut data PPLN Los Angeles, saat ini tercatat 15.717 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan sekitar 250 orang Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Baca juga: PPLN Budapest terus sosialisasikan Pemilu Indonesia 2024 ke seluruh WNI di Hongaria