Politik kemarin, lembaga survei yang terdaftar hingga kampanye Pilpres 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Lembaga survei

Politik kemarin, lembaga survei yang terdaftar hingga kampanye Pilpres 2024

Anggota KPU RI August Mellaz (tengah) dan Yulianto Sudrajat (kiri) bersama Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU Eberta Kawima saat memimpin rapat koordinasi dengan parpol dan tim capres-cawapres di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta, Minggu (14/1/2024). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/wpa)

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA yang kami rangkum pada berita pilihan kemarin dan masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

KPU umumkan 63 lembaga survei yang telah mendaftar untuk Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan sebanyak 63 lembaga telah mendaftar sebagai lembaga survei, jejak pendapat, dan penghitungan cepat hasil pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Dalam rilis yang dikeluarkan KPU di Jakarta, Minggu, disebutkan bahwa lembaga-lembaga survei tersebut diumumkan dan didaftarkan paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara.

Selengkapnya klik di sini.

KPU terima pembaruan laporan dana kampanye PSI mencapai Rp24 miliar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima pembaruan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang semula pengeluarannya tercatat hanya sebesar Rp180 ribu, kini menjadi Rp24 miliar.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan bahwa LADK yang dilaporkan partai politik peserta pemilu, termasuk PSI, bersifat sementara dan akan terus diperbarui setiap waktu.

Selengkapnya klik di sini.

Ganjar dorong Wadas-Rembang dibahas dalam debat Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong agar pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Sebaiknya dibahas (persoalan semen Rembang dan bendungan Wadas dalam debat keempat)," ujar Ganjar di Pos Bloc, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

TKN kritik cara komunikasi dan manuver politik Ganjar-Anies

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Juri Ardiantoro, mengkritik cara komunikasi dan manuver politik kubu pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu nomor urut 3 Ganjar-Mahfud yang diduga menjalin komunikasi secara formal dan informal.

Juri Ardiantoro menilai bahwa manuver politik dan cara komunikasi itu tidak mencerminkan aspirasi masyarakat.

"Kami yakin bahwa manuver para elit politik ini tidak selalu mencerminkan apa yang menjadi pilihan atau aspirasi masyarakat pada umumnya," kata dia saat jumpa pers di depan kediaman Prabowo, di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Anies tekankan lima poin kepada relawan saksi AMIN saat pencoblosan

Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan menekankan lima poin yang harus diingat oleh para relawan yang menjadi saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin (AMIN) saat hari pencoblosan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam keterangan tertulis dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu, Anies mengingatkan bahwa saksi di tempat pemungutan suara (TPS) mengemban tanggung jawab yang besar, karena harus menjaga suara dari para pemilih yang menginginkan perubahan.

"Tanggung jawab bapak dan ibu sekalian bukan sekadar menjaga suara orang, tapi memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan jujur dan adil," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat menghadiri acara Jumpa Saksi AMIN di GOR Podomoro Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Selengkapnya klik di sini.