KPU distribusikan 20 kontainer surat suara ke 12 kabupaten/kota di Riau

id surat suara, distribusi, kpu, riau

KPU distribusikan 20 kontainer surat suara ke 12 kabupaten/kota di Riau

Pelepasan distribusi 20 kontainer surat suara Pemilu 2024 kepada KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau ini dilakukan di Pelabuhan Perawang, Kabupaten Siak, Pekanbaru, Minggu, (7/1/2024). (ANTARA/vera Lusiana)

P (ANTARA) - Sebanyak 20 kontainer Surat Suara untuk keperluan Pemilihan Umum (Pemilu ) 2024 mendatang mulai didistribusikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke 12 kabupaten/kota di Riau.

Pelepasan distribusi surat suara Pemilu 2024 kepada KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau ini dilakukan di Pelabuhan Perawang, Kabupaten Siak, Sabtu kemarin.

Pengiriman dilakukan selama dua hari yaitu pada 6 dan 7 Januari 2024 untuk 20 kontainer di dalam kapal pertama yang bersandar pada tanggal 5 Januari 2024 di Pelabuhan Perawang

"Serah terima surat suara ini menjadi momen bersejarah yang menunjukkan kesiapan kita semua dalam menghadirkan demokrasi yang berkualitas di Provinsi Riau. Mari kita bersama-sama menjaga integritas Pemilu demi kepentingan bersama," kata Plh. Ketua KPU Riau Rahman di Pekanbaru, Minggu.

Ia menjelaskan pengiriman pertama ini untuk beberapa kabupaten/kota. Truk bergerak ke Gudang Logistik KPU Kab/Kota se-Riau sesuai Jadwalnya.

"Pengiriman surat suara pertama ini meliputi surat suara untuk Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, dan Siak," katanya lagi.

Logistik dibawa kapal, kapal bersandar di pelabuhan, kontainer yang telah diberi tanda peruntukan KPU kabupaten/kota dipindahkan ke truk pengangkut.

"Pengiriman pada 7 Januari merupakan sisa kontainer untuk Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Pelalawan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, kapal kedua estimasi bersandar di Pelabuhan Perawang pada 9 atau 10 Januari 2023.

"Dengan mengangkut 19 kontainer sisa untuk kebutuhan 11 kabupaten/kota selain Siak yang sudah dikirim full pada kapal pertama," tambahnya.

Dijadwalkan, hari Minggu (7/1), KPU kabupaten/kota akan melakukan sortir dan lipat surat suara seperti di Kota Pekanbaru, Siak, Kampar, Rohul, Rohil, Inhu.

Kemudian pada Senin (8/1) yang akan sortir lipat di Inhil, Bengkalis, Pelalawan, Kuantan Singingi.