Kapolres dan Kajari Siak monitoring percetakan surat suara di Bekasi

id Kapolres Siak monitoring,Percetakan surat suara, Pilkada Siak 2024

Kapolres dan Kajari Siak monitoring percetakan surat suara di Bekasi

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi ketika monitoring pencetakan surat suara. (ANTARA/HO-Polres Siak)

Siak (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Siak, AKBP Asep Sujarwadi dan Kepala Kejaksaan Negeri Siak Moch Eko Joko Purnomo bersama sejumlah pejabat terkait, melakukan kunjungan monitoring dan pemeriksaan logistik pemilihan kepala daerah khususnya untuk percetakan surat suara di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proses pencetakan dan persiapan pengamanan distribusi logistik Pilkada dari Percetakan ke Kabupaten Siak. Dalam kegiatan yang berlangsung aman dan terkendali ini, turut hadir Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak Oktaviyanus, serta perwakilan dari Kesatuan Bangsa Politik Kabupaten Siak.

Kapolres Siak AKBP Asep mengatakan bahwa hasil dari monitoring ini menunjukkan bahwa pencetakan surat suara untuk Pilkada Siak telah dimulai pada 9 Oktober 2024 dan kini telah mencapai 100 persen selesai.

Baca juga: Satpolairud Polres Siak sampaikan pesan pilkada damai di klinik terapung

"Proses selanjutnya adalah pengemasan yang direncanakan selesai pada 19 Oktober 2024. Distribusi logistik direncanakan akan dimulai ke Kabupaten Siak pada 20 Oktober 2024 nanti," ucap AKBP Asep.

Pergeseran surat suara ke Siak masih dalam proses penjadwalan, dengan estimasi tiba di KPU Kabupaten Siak pada 27 Oktober 2024 jika melalui jalur darat. Total surat suara yang dicetak mencapai 346.475 lembar, termasuk tambahan 2,5 persen dan untuk pemungutan suara ulang (PSU)," lanjut Kapolres menerangkan.

"Dengan kegiatan monitoring ini, pihak terkait diharapkan dapat menjaga kelancaran distribusi logistik pilkada demi memastikan suksesnya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Siak, kami juga sudah menyiapkan pola pengamanan nantinya", tutur AKBP Asep

Baca juga: Satlantas Polres Siak sosialisasi pemilu damai melalui Radio RPK