Berikut alasan beli mobil lebih baik di akhir tahun hingga besaran diskonnya

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, otomotif

Berikut alasan beli mobil lebih baik di akhir tahun hingga besaran diskonnya

Ilustrasi - Penjualan Mobil Seken Menurun Sejumlah pengunjung berada di antara jajaran mobil seken saat Bazaar Mobil Bekas di JX International Surabaya, Rabu (15/10). Menurut data Komunitas Pedagang Mobil Seken Surabaya, penjualan mobil seken hingga September 2014 mengalami penurunan hingga 50%, menyusul isu politik yang belum stabil dan diskon besar jelang akhir tahun oleh ATPM untuk pembelian mobil baru. (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

Jakarta (ANTARA) - Memiliki mobil impian tentu sangat menyenangkan, namun terkadang harga yang tinggi menunda seseorang untuk membelinya.

Namun, apakah ada waktu yang tepat untuk membeli sebuah kendaraan? Bagi seseorang yang memiliki banyak keperluan dan bajet terbatas, tentu ada waktu tertentu yang paling tepat, yakni saat akhir tahun.

Membeli kendaraan saat pagelaran pameran otomotif tentu juga waktu yang baik karena banyak promosi hingga potongan harga yang ditawarkan. Namun, akhir tahun adalah waktu yang paling menguntungkan untuk membeli mobil, sebab, seluruh diler mobil umumnya akan memberi potongan harga hingga puluhan juta, tanpa syarat ini itu yang menyusahkan.

Para diler didesak untuk segera menghabiskan stok mobilnya sebelum pergantian tahun. Jika tidak terjual, maka penjual akan rugi karena pada tahun berikutnya tidak bisa menjual dengan harga yang baru.

“Karena bila telah berganti tahun, kami tentu akan menjual kendaraan produksi tahun terbaru, pembeli di tahun 2024 tentu ingin memiliki kendaraan yang juga di produksi di tahun yang sama, sehingga akhir tahun kami akan menghabiskan stok dengan harga paling menarik,” ujar salah satu sales diler Honda di kawasan Depok, belum lama.

Saat berkeliling ke sejumlah diler mobil di kawasan Depok, Jawa Barat, minggu ini, ANTARA menemukan penawaran potongan diskon yang fantastis. Contoh saja diler Toyota, Honda, hingga Chery yang menawarkan potongan harga mulai dari Rp10 juta hingga Rp30 juta untuk tiap-tiap modelnya.

Kisaran potongan harga tersebut tergantung kelihaian calon pembeli dalam tawar menawar dengan para sales. Bahkan, tidak hanya berupa potongan harga puluhan juta rupiah, para diler akan "jor-joran" memberikan penawaran menarik lainnya, seperti uang elektronik Rp500 ribu hingga lebih dari Rp1 juta, DP dan cicilan ringan, hingga tambahan-tambahan kecil namun tetap menguntungkan seperti gratis kaca film, talang air, coating, lapisan pelindung cat, plat nomor kode QR, dan aksesoris lainnya.

Namun, tentu ada kekurangan bila memutuskan membeli mobil di akhir tahun, yakni stok yang terbatas. Waktu paling tepat untuk memboyong mobil impian adalah bulan November dan Desember.

Di bulan Desember, tentu harga termiring akan diberikan, namun stok yang tersedia akan semakin menipis, baik dari segi tipe kendaraan maupun varian warna. Sementara November, kemungkinan ketersediaan stok akan lebih banyak meski penawaran harga belum sebaik bulan Desember.

Baca juga: 300 mobil listrik pertama Xiaomi dikabarkan siap masuk dapur produksi

Baca juga: KG Mobility, Kia, Honda akan tarik kembali lebih 59.000 mobil karena komponen cacat