Pemilu - Banyak Caleg DPR Tidak Tinggal Di Riau

id pemilu -, banyak caleg, dpr tidak, tinggal di riau

Pemilu - Banyak Caleg DPR Tidak Tinggal Di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum mempublikasikan, banyak calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR periode 2014-2019 tidak tinggal di daerah pemilihan (dapil) baik Riau 1 atau Riau 2, namun mereka akan dipilih pada pemilu 9 April 2014.

Berdasarkan situs resmi KPU yang dilihat di www.kpu.go.id, Sabtu, dari 72 caleg yang terdaftar 12 partai politik peserta pemilu untuk Dapil Riau 1, sebanyak 39 orang tinggal di Riau, sedangkan 33 orang lagi tidak berdomisili di provinsi itu.

Sedangkan untuk Dapil Riau 2 sebanyak 60 caleg yang didaftarkan, hanya 26 orang yang berdomisili di Riau dan sebagian besar atau 34 orang lagi tidak tinggal di provinsi tersebut.

Jika dijumlahkan untuk kedua dapil tersebut, maka dari 132 caleg untuk DPR hanya 65 orang yang berdomisili di Riau, sedangkan sebagian besar atau 67 orang lagi tidak berdimisili di provinsi itu.

Jumlah kursi yang diperebutkan dari 132 caleg untuk DPR periode 2014-2019 daerah pemilihan Riau hanya 11 kursi.

Salah seorang calon anggota legislatif Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk DPR Dapil Riau 1 dengan nomor urut 3 Sri Wahyuni A Kadir Abbas mengatakan, alasan itulah yang membuat dirinya rela dipinang partai belambang kabah.

"Saya menerima pinangan PPP dengan sambilan mengajar karena jabatan sebagai direktur pascasarjana Universitas Islam Riau dan dosen terbang di beberapa negara maju seperti Jerman, Belgia dan Jepang, sebab saya asli orang Riau dan tinggal di Riau," katanya.

Selain itu, lanjutnya, orang tua dirinya Kadir Abbas adalah Ketua Partai politik berlambang kabah selama 30 tahun dari mulai tahun 1972 sampai tahun 1992 dan membesarkan partai tersebut di Riau.

"Jadi ini mungkin sudah takdir saya dari putra-putri almarhum orang tua kami berjumlah sembilan orang, tidak ada satu orang pun masuk partai. Baru saya saja yang beranikan diri masuk PPP," ucapnya.

Ketua DPW PPP Riau Aziz Zaenal menargetkan partai yang dipimpinnya mampu meraih sebanyak 2 kursi yang masing-masing berasal dari daerah pemilihan Riau 1 dan Riau 2 dengan perolehan 1 kursi.

Aziz sendiri merupakan caleg untuk DPR dengan nomor urut 1 dari dapil 2 Riau.

"Di Riau ada jatah 11 kursi yang mana enam kursi dari dapil Riau 1 dan lima kursi dari Riau 2. Kita targetkan PPP memperoleh 1 kursi dari masing-masing dapil," katanya.

Selain itu, pihaknya juga turut memberi pengarahan kepada masing-masing kader PPP yang menjadi caleg untuk DPRD provinsi dengan targetkan minimal 10 kursi dari 65 kursi yang tersedia.

"Dapil seluruhnya ada delapan dan ditargetkan tiap dapil ada satu kursi. Dua lagi diharapkan ada tambahan pada dapil yang gemuk," ujar Azis yang saat ini masih tercatat duduk sebagai Ketua Komisi C DPRD Riau.