Gajah liar kembali melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

id Gajah Sumatera ,Gajah lintasi tol,gajah tol, gajah riau

Gajah liar kembali melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar yang tampak kembali melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di KM 81 (ANTARA/Tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar tampak kembali melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di KM 81, Minggu (19/11) dan videonya tersebar luas di sosial media.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau Ujang Holisudin di Pekanbaru, Senin, menjelaskan berdasarkan hasil identifikasi, gajah yang melintas merupakan Getar, yaitu salah satu gajah liar jantan yang habitatnya ada di Suaka Margasatwa Balai Raja.

Menurut dugaannya, Getar baru kembali dari kantong gajah Giam Siak Kecil menuju ke kantong Balai Raja setelah selesai masa kawin.

"Seperti gajah Codet, Getar memiliki kebiasaan bermigrasi ke kantong Giam Siak kecil sehingga pada saat tertentu ia kembali ke kantong Balai Raja," sebutnya kepada ANTARA.

Dikatakan Ujang, sepanjang 4 kilometer Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memang merupakan jalur perlintasan gajah.

Selain itu, hal serupa bukanlah pertama kali terjadi di area tersebut. Diketahui hingga saat ini sudah lebih dari tiga kali gajah liar terlihat melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

BBKSDA Riau dan PT Hutama Karya sebelumnya telah melakukan pengayaan tanaman yang menjadi pakan gajah di underpass untuk memancing gajah agar tidak melintasi jalan tol.

"Kami juga telah merekomendasikan kepada pihak Hutama Karya untuk membangun pagar yang lebih representatif lagi agar gajah tidak bisa menyeberang," pungkas Ujang.

Baca juga: Toleransi gajah dan manusia di Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: Lihat lintasan gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, ini pesan Jokowi