Ganjar-Mahfud bersiap jalani tes kesehatan

id Tes kesehatan, capres ganjar, cawapres mahfud, rspad, kpu ri, pemilu 2024

Ganjar-Mahfud bersiap jalani tes kesehatan

Sejumlah petugas RSPAD Gatot Subroto bersiap menyambut kedatangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani tes kesehatan hari ini, Minggu (22/10/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud MD, hari ini,mendapat gilirian untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Ahad.

Pukul 05.51 WIB petugas rumah sakit, dokter, dibantu TNI dan KPU tampak bersiap-siap di depan Gedung Medical Check-UP RSPAD Gatot Subroto.

Begitu sejumlah wartawan televisi nasional telah berada di lokasi untuk melaporkan proses pemeriksaan kesehatan kedua pasangan calon.

Menurut informasi, konferensi pers pertama untuk pemeriksaan kesehatan kedua ini akan dilaksanakan pukul 06.30 WIB.

Pihak media masih menunggu kedatangan Ketua KPU Hasyim Asy"ari untuk memberikan keterangan resminya.

Sejumlah kursi untuk para narasumber dan pasangan calon yang akan memeriksa kesehatan sudah tersedia rapi di depan Gedung MCU RSPAD Gatot Subroto.

Pemeriksaan tes kesehatan atau medical check-up ini merupakan persyaratan wajib bagi bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) Pemilu 2024.

Sehari sebelumnya, adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menjalani tes kesehatan pertama. Proses pemeriksaan berlangsung selama delapan hingga 10 jam lamanya.

Dalam tes kesehatan ini, ada 50 orang tim dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Adapun rangkaian tes kesehatan yang diikuti oleh pasangan calon di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jatung, tes fungsi organ keseluruh, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagosis gangguan prablem solfing dan tes uji narkoba.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto telah menetapkan jadwal tes kesehatan bagi bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 yang telah mendaftar.

Bakal pasangan capres-cawapres yang pertama kali mendaftar ke KPU RI, Kamis (19/10), dijadwalkan melaksanakan tes kesehatan pada Sabtu (21/10).