Ini hasil tes kesehatan peserta Pilkada Pelalawan

id Pilkada pelalawan, kpu pelalawan

Ini hasil tes kesehatan peserta Pilkada Pelalawan

Proses penyerahan hasil tes kesehatan peserta Pilkada Kabupaten Pelalawan. (ANTARA/Yusuf)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan menerima hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim pemeriksa dan peneliti kesehatan dua pasangan calon (Paslon) kepala daerah di Pilbub Pelalawan 2024 yang diserahkan langsung direktur RSUD Arifin Achmad Wan Fajriatul di Kantor KPU Riau di Pekanbaru, Selasa sore.

“Hasilnya dinyatakan mampu, fit dan layak untuk maju pada Pilkada serentak 2024. Tiga kali kami lakukan rapat pleno,” ujar Wan yang disambut tepuk tangan seluruh komisioner yang hadir di ruang aula KPU Riau.

Saat dia menyerahkan berkashasil pemeriksaan itu, sambil tersenyum Wan berkata kepada komisioner KPU Pelalawan H Priyono yang menerima hasil laporan pemeriksaan kesehatan bagi peserta Pilkada Pelalawan yakni Nasarudin-Abu Bakar FE dan Zukri Misran-Husni Tamrin

“Tipis, karena diikuti dua pasang,” ujar Wan yang disambut gelak tawa komisioner yang hadir petang itu.

Dia juga menyatakan berkas pemeriksaan kesehatan bagi 86 paslon lainnya untuk Pilkada serentak 27 November 2024 juga selesai dan layak untuk Pilkada 2024. ”Sesuai Juklak dan Juknis yang kami lakukan, kami bekerja siang malam agar bisa menuntaskan kepercayaan tersebut. Mohon maaf sudah menunggu lama karena pemeriksaan kesehatan bagi 86 Paslon ini kami harus lakukan rapat internal secara intensif,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pelalawan H Priyono menjelaskan setelah pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan dari tim pemeriksa dan penilai kesehatan pasangan calon dan akan ditindaklanjuti dalam pemeriksaan dan penelitian syarat kelengkapan administrasi.

“Hasil dari tim dokter menyatakan kedua pasangan calon kepala daerah Pelalawan mampu secara jasmani dan rohani serta bebas narkoba dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai kepala daerah,” ujarnya.