Bawaslu Pelalawan pantau pencetakan surat uuara Pilkada 2024

id Bawaslu riau

Bawaslu Pelalawan pantau pencetakan surat uuara Pilkada 2024

Bawaslu Pelalawan dan sejumlah perwakilan instansi lainnya saat meninjau pencetakan surat suara. (ANTARA/dok)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan memantau pencetakan surat suara pilkada serentak 2024 di PT Gramedia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam pengawasan melekat ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Pelalawan Andrizal Tambusai dan Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri Serta Kasi Datun Kajari Pelalawan Anom melihat secara langsung pencetakan surat suara sebanyak 301.469 lembar.

“Kami mengamati secara langsung proses cetak surat suara pabrik ini, antara lain, kesesuaian nama pasangan calon (paslon) pada surat suara, kualitas cetak nama dan foto calon, CCTV pada pabrik, hingga situasi pada pabrik cetak yang steril dan dalam pengamanan kepolisian,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Pelalawan Andrizal Tambusai kepada ANTARA Riau, Rabu (16/10)

Dalam peninjauan itu, dia mengatakan bahwa pemotongan kertas harus rapi sehingga tidak menimbulkan masalah lagi ketika surat suara tiba di daerah.

“Kami datang, surat suara sedang naik cetak. Beda pada Pemilu 2024, pada Pilkada 2024 surat suaranya kecil dan jika dilihat hasil cetak yang keluar dari mesin, sejauh ini terlihat hasil cetak yang bersih dan jelas. Namun, prosesnya belum selesai, hingga pengawasan melekat masih terus dilakukan,” paparnya.

Andrizal juga mengimbau KPU Kabupaten Pelalawan untuk intens berkoordinasi dengan pihak penyedia terkait progres pencetakan surat suara hingga pengiriman nanti sesuai dengan jadwal sehingga tidak berdampak pada pelaksanaan tahapan selanjutnya.

“Jika dilihat schedule-nya surat suara sampai ke daerah tanggal 19 Oktober ini,” ujarnya.