Antisipasi abrasi, polisi bersama wartawan di Meranti tanam bakau

id HUT Humas Polri ,Polres Meranti ,Penanaman mangrove

Antisipasi abrasi, polisi bersama wartawan di Meranti tanam bakau

Polisi dan wartawan di Kepulauan Meranti menanam ratusan mangrove di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Jumat (13/10/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Polisi dan wartawan di Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan gerakan menanam pohon bakau (Rhizophora sp) di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Jumat, sebagai antisipasi abrasi di kawasan pesisir.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG melalui Kapolsek Rangsang Barat Iptu Herry Juana Putra mengatakan, kegiatan penanaman bakau yang diinisiasi oleh pihaknya merupakan bentuk kepedulian Polri bersama insan pers terhadap lingkungan.

Dimana, ada sebanyak ratusan batang bibit bakau ditanam pada kegiatan yang bersempena HUT Humas Polri ke-72 tersebut.

"Penanaman bakau ini diharapkan nantinya dapat menjadi solusi untuk mengantisipasi abrasi di kawasan pesisir. Disamping itu juga untuk menjaga ekosistem dan biota laut," kata Iptu Herry usai kegiatan.

Kepala Desa Gogok Darussalam Sugianto, mengapresiasi kegiatan penanaman bakau yang dilakukan dalam rangka HUT Humas Polri ke-72 itu.

"Mudah-mudahan dengan ini dapat menahan laju abrasi yang merupakan keluhan masyarakat, sehingga apa yang dilakukan bermanfaat untuk lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, mewakili insan pers, Ketua PWI Kepulauan Meranti Safrizal, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Polres bersama insan pers tersebut. Menurutnya, kolaborasi itu sangat bagus dalam mengantisipasi abrasi, di samping mempererat kemitraan antara polisi dengan wartawan.

"Penanaman bakau di lokasi rentan abrasi tentunya perlu dilakukan secara berkelanjutan agar wilayah ini terjaga. Mengingat Meranti ini notabenenya adalah daerah Kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dan selalu ada hantaman gelombang besar," tuturnya.