Tingkat pengangguran Siak tinggi, Gubri minta ini diperhatikan

id Gubernur Riau, tingkat pengangguran terbuka, pengangguran Siak

Tingkat pengangguran Siak tinggi, Gubri minta ini diperhatikan

Gubernur Riau saat mengikuti rapat Paripurna HUT Kabupaten Siak ke-24 di DPRD Siak. (ANTARA/HO-DPRD Siak)

Siak (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar meminta Pemerintah Kabupaten Siak memberikan perhatian terhadap jumlah tingkat pengangguran terbuka (TPK) di daerah itu yang mencapai 6,11 persen yang lebih tinggi dari tingkat provinsi.

Gubernur menyampaikan bahwa TPK di Provinsi Riau yakni 5,4 persen yang lebih rendah dari nasional. Sedangkan Kabupaten Siak 6,11 persen yang lebih tinggi dari TPK Provinsi Riau.

"Perlu menjadi perhatian bersama terkait tingkat pengangguran di Siak," kata Syamsuar saat memberikan pidato dalam Sidang Paripurna Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak ke-24 di DPRD Siak, Kamis.

Diketahui berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Siak bahwa jumlah pengangguran terbuka daerah setempat berjumlah 14.338 pada tahun 2022, dari total angkatan kerja sebanyak 234.574 orang.

Begitu juga dia meminta perhatian terkait tingkat kemiskinan Kabupaten Siak yang berjumlah 5,07 persen dari 474.625 jiwa jumlah penduduk. Meskipun ini sudah berada di bawah angka nasional.

Meskipun begitu Gubernur Riau mengapresiasi Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Siak yang berada pada urutan ketiga di bawah Kota Pekanbaru dan Dumai dimanatahun 2022 telah mencapai angka 74,50 atau meningkat sebesar 0,52 persen dari tahun 2021 sebesar 73,98.

Lebih lanjut dia juga mengapresiasi Siak masuk daerah yang telah mencapai Universal Heatlh Coverage (UHC). Dengan begitu sudah 10 dari 12 kabupaten/kota di Riau yang sudah UHC.

Bupati SiakAlfedri dalam pidatonya menyampaikan pada saat ini Kabupaten Siak telah memasuki dasawarsa ketiga usianya. Patut berbangga atas apa yang telah tercapai selama ini namun harus menyadari bahwa masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan.

"Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-24 tahun ini mengambil tema 'Maju Bersama untuk Siak Berkemajuan', Tema ini mengandung makna bahwa pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Siak harus saling bergandeng tangan untuk bersama-sama mewujudkan tema itu," ujarnya. (Adv)