Asosiasi Petani Pangan Jatim gelar aksi bagikan sayuran saat HUT TNI di Jember

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jember

Asosiasi Petani Pangan Jatim gelar aksi bagikan sayuran saat HUT TNI di Jember

Ketua Asosiasi Petani Pangan Jatim Jumantoro berorasi sambil membagi-bagikan sayuran gratis kepada warga yang melintas saat HUT ke-78 TNI di alun-alun Jember, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Asosiasi Petani Pangan Jawa Timur menggelar aksi membagi-bagikan sayuran saat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Alun-alun Kabupaten Jember, Kamis.

"Kami membagi-bagikan komoditas sayuran seperti tomat, terong, sayur pakis dan lainnya saat momentum Peringatan HUT TNI di Jember," kata Ketua Asosiasi Petani Pangan Jawa Timur (Jatim) Jumantoro di Jember Jawa Timur, Kamis.

Menurutnya, TNI dan petani sama-sama memiliki tugas untuk menjaga kedaulatan, namun sektor yang dijaga berbeda antara petani dengan para prajurit karena TNI merupakan garda terdepan yang harus menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman musuh.

"Sedangkan para petani juga harus menjaga kedaulatan pangan di negeri tercinta agar tidak lagi terjadi impor sejumlah komoditas pangan yang dapat merugikan para petani," tuturnya.

Jumantoro berharap pemerintah lebih memperhatikan nasib para petani dengan membuat kebijakan yang berpihak kepada para petani agar kedaulatan pangan dapat tercapai di Indonesia.

"Petani harus mampu membangun kedaulatan pangan di negeri sendiri dan harus didukung oleh kebijakan pemerintah yang peduli dengan nasib para petani, sehingga jangan sampai kebijakan yang dibuat justru menyengsarakan petani," katanya.

Ia menjelaskan petani dan TNI harus bersinergi dan berkolaborasi untuk menjaga kedaulatan pangan, sehingga pihaknya memberikan tumpeng kepada Komandan Kodim 0824 Komandan Kodim 0824 Letkol. Inf. Rahmat Cahyo Dinarso usai Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI di Alun-alun Jember.

"Secara simbolis saya menyerahkan tumpeng kepada Dandim 0824 sebagai bukti bahwa TNI dan petani harus bersinergi untuk mencapai kedaulatan pangan di Jember," ujarnya.

Sementara Komandan Kodim 0824 Letkol. Inf. Rahmat Cahyo Dinarso menyampaikan terima kasih kepada Asosiasi Petani Pangan Jatim yang ikut menjaga kedaulatan pangan di Kabupaten Jember.

"Melalui tema HUT Ke-78 'TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju', kami berharap kolaborasi dan sinergi TNI/Polri dengan seluruh lembaga hingga petani di Jember agar tetap berjaya untuk mengawal keutuhan NKRI," katanya.

Baca juga: Buka lahan tidak dengan membakar, Petani Sayur ini buktikan masih untung besar

Baca juga: Petani Sayur Pekanbaru Dapatkan Pelatihan Teknologi Organik Dari BI