Dua pemuda tenggelam di Sungai Kampar

id BAsarnas Pekanbaru,Dua pemuda diduga tenggelam,tenggelam di Sungai Kampar

Dua pemuda tenggelam di Sungai Kampar

Tim Basarnas Pekanbaru masih emncari Yandi (21) korban tenggelam di Sungai Kampar atau di Desa Air Tiris, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Sabtu (26/8) pukul 17.00 WIB. (ANTARA/HO

Pekanbaru (ANTARA) - Dua orang pemuda, yakni Kamal (21) dan Yandi (21), dilaporkan tenggelam di Sungai Kampar atau di Desa Air Tiris, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Sabtu (26/8) pukul 17.00 WIB.

"Satu di antara dua pemuda tersebut berhasil diselamatkan, yakni Kamal, sedangkan masih dalam pencarian adalah Yandi," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi kepada media di Pekanbaru, Sabtu.

Budi mengatakan pada Sabtu (26/8) pukul 17.55 WIB pihaknya mendapatkan informasi dari BPBD Kampar bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia, yakni satu orang tenggelam di Sungai Kampar Desa Air Tiris Kabupaten Kampar.

Lokasi kejadian pemuda tenggelam itu berada pada titik koordinat 0°21’06.0" N 101°07'26.6" E.

Setelah mendapatkan laporan tersebut pada pukul 18.15 WIB Tim Rescue Kantor SAR Pekanbaru mengerahkan enam orang petugas ke lokasi kejadian atau pada jarak 38 Km heading 250 Derajat.

Pada saat itu katanya kondisi cuaca berawan, arah angin dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam, tinggi gelombang 0.25 -0.5 M (rendah).

Berdasarkan informasi dari masyarakat, kata Budi lagi, bahwa korban bersama kedua teman mereka sedang bermain di Sungai Kampar. Diduga karena kelelahan dan arus sungai cukup deras mengakibatkan tidak berdaya dan korban tenggelam.

"Korban sempat hendak diselamatkan oleh teman mereka namun berhasil karena terbawa arus cukup deras," demikian Budi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Sabtu (26/8). Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan bahwa hujan sudah mengguyur Riau pada siang hari dan berlangsung hingga malam hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

"Siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Bengkalis, Indragiri Hulu, Siak, Rokan Hilir, dan Kota Dumai," katanya.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

"Pada dini hari tidak ada potensi hujan, cuaca cenderung cerah berawan," ujarnya.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada siang, sore dan malam hari.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan Udara 50 – 99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter. ***3*** T.F011