Hindari topan Khanun, kontingen Pramuka Indonesia pindah ke asrama Universitas Wonkwang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Pramuka

Hindari topan Khanun, kontingen Pramuka Indonesia pindah ke asrama Universitas Wonkwang

Sejumlah peserta Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia berpose saat menghadiri jambore dunia pada bumi perkemahan Sae Man-Geum yang berada di Korea Selatan. (ANTARA/HO-Pramuka Indonesia.)

Jakarta (ANTARA) - Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang mengikuti Jambore Dunia ke-25 di bumi perkemahan Sae Man-Geum, Korea Selatan, pindah ke asrama Universitas Wonkwang untuk berlindung dari amukan angin topan Khanun.

"(Kontingen Indonesia) sudah mulai dipindahkan ke asrama universitas berjarak 1 jam 45 menit dari perkemahan," kata Wakil Kepala Kwartir Nasional Berthold Sinaulan saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Berthold mengatakan Kontingen Pramuka Indonesia bakal menghuni asrama Universitas Wonkwang selama 4-6 hari ke depan hingga jadwal penerbangan pulang ke Indonesia pada 12, 13, dan 14 Agustus 2023.

"Proses pemindahan besar-besaran sebanyak 39 ribu peserta berlangsung hari ini. Kegiatan pemindahan itu untuk menghindari amukan topan Khanun yang diperkirakan melanda area bumi perkemahan pada 9 dan 10 Agustus 2023," katanya.

Seluruh proses pemindahan diatur oleh Pemerintah Korea Selatan untuk memindahkan peserta dari 155 negara ke tempat yang lebih aman di Seoul dan sekitarnya.

Proses pemindahan dilakukan dengan mengerahkan sekitar 1.000 unit bus yang dimulai pukul 08.00 waktu setempat dan diperkirakan selesai dalam waktu 14 jam.

Pergerakan pemindahan didahulukan peserta didik, lalu dilanjutkan pemindahan orang-orang dewasa yang tergabung dalam jambore, baik sebagai contingent management team maupun international service team.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul menyiapkan beberapa mahasiswa Indonesia yang bisa berbahasa Korea untuk membantu komunikasi antara para peserta didik dengan pihak-pihak terkait di setiap lokasi pemindahan peserta Indonesia.

Pimpinan Kontingen Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi, memastikan untuk mengarahkan para unit pembina pasukan Indonesia agar 1.569 peserta Indonesia bisa dipindahkan sesuai jadwal masing-masing.

Baca juga: Kontingen Pramuka AS tinggalkan jambore dunia di Korsel karena cuaca panas

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Riau pimpin upacara api unggun sambut Hari Pramuka