Kabut selimuti Kota Pekanbaru, BMKG pastikan bukan asap

id Pekanbaru berkabut,kabut asap

Kabut selimuti Kota Pekanbaru, BMKG pastikan bukan asap

Kota Pekanbaru yang diselimuti kabut (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Kota Pekanbaru diselimuti kabut pada Senin pagi, namun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pastikan itu bukan asap.

Kabut menyelimuti Pekanbaru hingga jarak pandang hanya sekitar 700 meter. Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Sanya G menjelaskan bahwa fenomena tersebut adalah haze atau uap embun.

“Dari observasi di stasiun, terpantau haze atau udara kabut akibat partikel kering yang mengambang,” terangnya saat dikonfirmasi.

Sanya menyatakan bahwa kabut tersebut bukan fenomena asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dikatakannya, berdasarkan pantauan terakhir, hingga pukul 09.00 WIB juga belum ada tanda-tanda asap.

“Saat ini visibility pukul 09.00 WIB sudah 8 kilometer. Sudah membaik, artinya kabut lebih dominasi ke haze bukan asap,” pungkasnya.

Baca juga: Gedung Bank Riau Kepri pagi ini "hilang"

Namun walaupun dipastikan kabut tebal yang menyelimuti Kota Pekanbaru bukanlah asap, BMKG menyebutkan pantauan udara di Kota Pekanbaru tidak sehat.

“Terpantau di kantor kami kualitas udara pada zona kuning. Tidak sehat,” lanjutnya.

Namun, Sanya menjelaskan bahwa pantauan tersebut adalah udara di sekitaran Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

“Itu yang terpantau pada alat kami. KLHK mempunyai alat di beberapa titik di Pekanbaru, sehingga bisa dikonfirmasi lagi ke mereka. Bisa saja ini kejadian lokal bandara,” pungkasnya.