Polres Bengkalis gelar apel pasukan operasi patuh "Lancang Kuning"

id polres bengkalis,kabupaten bengkalis,operasi patuh,lancang kuning

Polres Bengkalis gelar apel pasukan operasi patuh "Lancang Kuning"

Waka Polres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya memasang pita kepada salah seorang personel dalam apel operasi patuh lancang kuning di mako Polres Bengkalis, Senin (10/7). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Polres Bengkalis menggelar apel operasi patuh "Lancang Kuning" 2023 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang lalu lintas dan penegakan hukum dan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Apel ini dipimpin langsung Waka Polres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya di Mako Polres, Senin (10/7).

"Operasi Patuh 2023 ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kamseltibcarlantas. Operasi ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas, Cermin Moralitas Bangsa"," ujar Kompol Faris Nur Sanjaya

Kompol Faris juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Patuh 2023 dilakukan dalam rentang waktu 10 Juli hingga 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Indonesia. Operasi ini melibatkan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum lalu lintas secara elektronik.

"Tujuan dari operasi ini adalah mewujudkan dan memelihara Kamseltibcarlantas, meningkatkan kualitas keselamatan serta menurunkan tingkat fatalitas korban lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik," ujarnya.

Dalam Operasi Patuh 2023 ini, penegakan hukum lalu lintas dilakukan dengan menggunakan E-TLE Mobile dan melakukan teguran terhadap pelanggaran dengan 7 prioritas, di antaranya penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor boncengan lebih dari satu orang,

"Pengendara sepeda motor tanpa menggunakan helm SNI, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang melawan arus, dan pengemudi yang melampaui batas kecepatan akan diberikan tindakan," tegasnya.

Ditambahkannya, Operasi Patuh tahun 2023 diharapkan dapat menurunkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kondisi lalu lintas yang aman. dan diharapkan terwujudnya Kamseltibcarlantas yang mantap.