Polres Meranti kekurangan personel, Kapolda : Kita tambah sebanyak-banyaknya

id Polres Meranti ,Personel Polres Meranti ,Kapolda Riau ,Kapolres Meranti Andi Yul ,Personel Polres Meranti minim

Polres Meranti kekurangan personel, Kapolda : Kita tambah sebanyak-banyaknya

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG saat diwawancarai sejumlah wartawan usai peresmian Lapangan Tembak Polres Meranti, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kekurangan jumlah personel di wilayah hukum Polres Kepulauan Meranti menjadi atensi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal ketika berkunjung ke sana pada Rabu (14/6).

Ia memastikan akan menambah kekurangan personel untuk Polres Meranti agar tugas fungsi Polri dalam melayani dan mengayomi masyarakat di daerah perbatasan Indonesia semakin maksimal. Apalagi saat ini tugas polisi bertambah setelah adanya Program Polisi RW.

"Saya tambah memang, saya tambah (personel) sebanyak-banyaknya (untuk Polres Meranti)," jawab Irjen Mohammad Iqbal kepada wartawan usai meresmikan Lapangan Tembak di Polres Meranti, Kamis kemarin.

Sebelumnya, Polda Riau melakukan seleksi pendidikan dan pembentukan bintara umum. Rekrutmen tersebut, kata Irjen Iqbal, Polri menggunakan prinsip therightman on therightplace, atau orang yang tepat pada tempatnya dan sesuai dengan kemampuannya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menerapkan pola localboy forlocaljob. Artinya, yang dinyatakan lulus seleksi dan menjadi seorang polisi akan ditempatkan di daerah asal.

"Saya mengambil kebijakan dengan seluruh Tim Wanjak bahwa untuk seleksi yang berasal dari Kepulauan Meranti rangkingnya disendirikan. Jadi Meranti tidak berkompetisi dengan Pekanbaru, Kampar dan daerah lainnya," kata Mohammad Iqbal.

Menurutnya, jika Kepulauan Meranti berkompetisi dengan 11 kabupaten/kota lainnya mungkin hanya sedikit yang lulus. Jadi Meranti akan berkompetisi sesama Meranti saja.

"Doakan saja Rikkes tahap II bisa masuk semua. Ini adalah komitmen kita agar seluruh regenerasi muda yang ingin menjadi bhayangkara polisi dari Kepulauan Meranti akan ditempatkan ke Meranti. Itu rumusan pertama," sebutnya.

"Kemudian rumusan kedua, nanti semua bintara yang ada di 11 kabupaten/kota akan saya ditempatkan di Kepulauan Meranti untuk memperbanyak anggota polisi," tambah mantan Kadiv Humas Polri itu.

Sementara, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG menuturkan bahwa saat ini personel diwilayah hukumnya hanya sebanyak 394 orang yang meliputi dari personel Polres hingga Polsek jajaran. Jumlah itu masih dikatakan minim jika dibandingkan dengan wilayah Meranti yang berpulau-pulau.

"Meski minim jumlah, seluruh personel Polres Meranti tetap mampu melaksanakan tugas dengan baik dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat," kata Kapolres Andi.