Pertamina Dumai latih pemanfaatan limbah sorgum

id Pertamina, Dumai, limbah, sorgum, pelatihan

Pertamina Dumai latih pemanfaatan limbah sorgum

PT KPI RU II Dumai dan BSIP Riau memberikan pelatihan kepada kelompok Tani untuk pengolahan pakan ternak organik dari limbah Sorgum. (ANTARA/HO-PT KPI RU II)

Dumai (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit Dumai memberikan pelatihan pengolahan pakan ternak organik dengan memanfaatkan limbah Sorgum kepada Kelompok Masyarakat Alam Tani, Tanjung Palas.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawandi Dumai, Jumat, menjelaskan bahwa program pelatihan ini merupakan rangkaian program pertanian sorgum yang telah diselenggarakan beberapa saat yang lalu. Dalam hal ini bekerja sama dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Riau.

"Kegiatan pelatihan kali ini dilakukan untuk mengoptimalkan limbah pertanian yang belum termanfaatkan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di lahan gambut,” ungkapnya.

Limbah yang dimaksud terdiri dari batang dan daun sorgum yang memang harus dipangkas dalam proses panen, agar tunas baru dapat tumbuh untuk dipanen tiga bulan kemudian. Limbah ini kemudian dicacah dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, untuk kemudian difermentasikan selama 14 hingga 21 hari. Hasil dari fermentasi siap digunakan sebagai pakan ternak.

Dia mengakui program ini mendorong pertanian terintegrasi dengan memanfaatkan limbah pertanian yang bernilai ekonomis atau nol limbah. Melalui inovasi ini, para petani dapat memangkas biaya operasional untuk pembelian pakan ternak.

Selain itu, ternak tersebut juga mendapatkan nutrisi yang lebih kompleks. Program ini juga mendukung kampanye pemerintah terkait substitusi dan diversifikasi penguatan ketahanan pangan, dimana sebelumnya PT KPI RU Dumai telah mengembangkan program pertanian sorgum di Kelurahan Tanjung Palas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BSIP Provinsi Riau, Shanorra Yuliasari berharap program ini dapat berkelanjutan dan direplikasi di daerah lainnya.

Sedangkan Local Hero dari Pokmas Alam Tani, Rudi bersyukur atas program yang diinisiasi oleh PT KPI RU Dumai ini dan berharap ke depannya hasil panen sorgum ini dapat diserap oleh pasar.