Harga minyak jatuh di Asia, penguatan dolar picu kekhawatiran permintaan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, minyak

Harga minyak jatuh di Asia, penguatan dolar picu kekhawatiran permintaan

Ilustrasi - Harga minyak turun, spanduk dengan panah dan rig minyak di latar belakang peta dunia. (ANTARA/Shutterstock/pri)

Jakarta (ANTARA) - Harga minyak turun di awal perdagangan Asia pada Kamis pagi, karena data ekonomi AS yang stabil dan ekspektasi kenaikan suku bunga mendorong dolar AS lebih kuat, mendorong kekhawatiran permintaan minyak global lebih lemah dengan membuatnya lebih mahal.

Kontrak berjangka minyak Brent untuk pengiriman Juni tergelincir 37 sen atau 0,40 persen, menjadi diperdagangkan di 82,76 dolar AS per barel pada pukul 00.05 GMT. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei turun 28 sen atau 0,35 persen, menjadi diperdagangkan di 78,88 dolar AS per barel.

Aktivitas ekonomi AS sedikit berubah dalam beberapa pekan terakhir karena pertumbuhan lapangan kerja agak moderat dan kenaikan harga tampak melambat, laporan Federal Reserve yang diterbitkan pada Rabu (19/4/2023) menunjukkan.

"Ini meresahkan pasar, memperbesar kekhawatiran baru-baru ini bahwa pengetatan moneter telah melemahkan permintaan minyak. Dolar AS yang lebih kuat juga membebani selera investor. Pasar mengabaikan laporan persediaan EIA yang relatif bullish," kata ANZ Research dalam catatan klien.

Stok minyak mentah AS turun 4,6 juta barel pekan lalu karena kilang-kilang berjalan dan ekspor naik, sementara persediaan bensin melonjak secara tak terduga karena permintaan yang mengecewakan, menurut Badan Informasi Energi AS (EIA).

Penurunan stok minyak mentah jauh lebih curam dari perkiraan para analis sebesar 1,1 juta barel, dan perkiraan American Petroleum Institute (API) pada Selasa (18/4/2023) malam sebesar 2,7 juta barel.

Di sisi pasokan, pemuatan minyak dari pelabuhan barat Rusia pada April kemungkinan akan naik ke level tertinggi sejak 2019, di atas 2,4 juta barel per hari, meskipun Moskow berjanji untuk memangkas produksi, kata sumber perdagangan dan pengiriman.

Pada Rabu (18/4/2023), harga minyak turun sekitar 2,0 persen ke level terendah dua minggu meskipun persediaan minyak mentah AS mengalami penurunan tajam, karena dolar menguat di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga Fed yang menjulang dapat mengekang permintaan energi di konsumen terbesar dunia itu.

"Minyak mentah WTI kembali di bawah level 80 dolar AS dan bisa terus melayang lebih rendah jika perdagangan dolar yang kuat berlanjut," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, dalam catatan klien.

Baca juga: Harga minyak naik di awal sesi Asia didorong penurunan stok AS, data China

Baca juga: Harga minyak naik tipis di awal sesi Asia didukung rencana pemotongan OPEC+