PT Elnusa naik peringkat karena penuhi komitmen keuangan jangka panjang

id PT Elnusa Tbk

PT Elnusa naik peringkat karena penuhi komitmen keuangan jangka panjang

Antara/HO-Humas PT Elnusa Tbk.

"Peningkatan peringkat yang diraih Elnusa ini membanggakan dan semoga Elnusa akan terus menunjukkan pertumbuhan ke depan".
Pekanbaru (ANTARA) - PT Elnusa Tbk (ELSA), perusahaan penyedia jasa energi berhasil meraih kenaikan peringkat dari IdAA-/Stablepada tahun 2022 menjadi “IdAA/Stable” pada tahun 2023 karena memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

"PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat sukuk berkelanjutan I Elnusa Tahap I Tahun 2020 atas pandangan Pefindo akan tingkat dukungan yang semakin kuat dari PT Pertamina (Persero) selaku pemegang saham pengendali terakhir," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT Elnusa Tbk,Jayanty Oktavia Maulina (Anty) dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (15/4).

Jayanti Oktavia mengatakan periode peringkat ini berlaku mulai dari 10 April 2023 sampai dengan 1 April 2024.

Selain itu, katanya menyebutkan, Pefindo juga menilai kenaikan peringkat yang dicapai Elnusa terjadi karena memiliki kemampuan yang kuat pada pemenuhan komitmen keuangan jangka panjang.

"Perolehan ini diputuskan setelah berlangsung serangkaian Pemantauan Pemeringkatan atas Sukuk Ijarah Berkelanjutan dan Perusahaan yang dimulai pada 7 Maret 2023 dengan beberapa tahapan penilaian yang terdiri dari pengisian kuesioner, penyampaian data dan informasi terkini serta proyeksi keuangan jangka panjang 2023-2027," katanya.

Dalam rangka penilaian ini juga, katanya lagi, Pefindo melakukan kunjungan situs (site visit) di lokasi kerja Elnusa pada anak perusahaan PT Elnusa Petrofin (EPN) di Depo Liquified Petroleum Gas (LPG) Amurang pada 16 Maret 2023 untuk melihat dan menilai secara langsung kondisi operasional perusahaan.

Ia menjelaskan, pada akhir proses penilaian dilakukan Management Meeting PEFINDO bersama Direksi Elnusa.

Peringkat yang telah diraih Elnusa dapat terus naik apabila Elnusa menunjukkan kekuatan posisi bisnis.

"Hal itu ditandai dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan, dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal yang konservatif dan proteksi arus kas Perusahaan yang kuat secara berkelanjutan," katanya.

Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan peringkat tersebut mencerminkan tingkat dukungan yang kuat dari Grup Pertamina, posisi Perusahaan yang kuat serta diversifikasi pendapatan pada bisnis jasa pendukung migas dan kondisi keuangan perusahaan yang kuat.

Ia mengatakanElnusa sebagai anak perusahaan yang strategis dalam mendukung aktivitas hulu Pertamina di bawah subholding upstream (subholding di hulu) PT Pertamina Hulu Energi (PHE) termasuk eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di seluruh lokasi usaha Pertamina di dalam dan di luar negeri, juga mendukung aktivitas hilir di bawah subholding lain di Grup Pertamina.

"Peningkatan peringkat yang diraih Elnusa ini membanggakan dan semoga Elnusa akan terus menunjukkan pertumbuhan ke depan. Tentu ruang perbaikan bagi Elnusa masih lapang untuk terus tumbuh berkembang menghasilkan profit," kata Bachtiar.

Elnusamerupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai perusahaan solusi total jasa energi, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa penunjang dan jasa distribusi dan logistik energi.

Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM).

Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical.

Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain.

"Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ELSA serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya," demikian Jayanty Oktavia Maulina.