Pemkot Bandarlampung lakukan uji tera SPBU di sepanjang jalur mudik

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, SPBU

Pemkot Bandarlampung lakukan uji tera SPBU di sepanjang jalur mudik

Ilustrasi - Kendaraan sedang melakukan antrean untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung melakukan uji tera kembali terhadap seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menjelang Lebaran untuk menjamin kepercayaan masyarakat pada musim mudik.

"Pengujian kembali secara berkala terhadap alat ukur atau takaran di seluruh SPBU sudah kami lakukan sejak sepekan terakhir," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung Wilson Faisol, di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan bahwa pengujian alat takar atau ukur, sebenarnya telah menjadi kegiatan rutin Dinas Perdagangan setempat setiap bulannya, namun berkaitan dengan mudik, uji tera difokuskan ke SPBU dahulu.

Ia mengatakan bahwa SPBU yang menjadi fokus utama dalam uji tera oleh Pemkot Bandarlampung yakni yang berada di sepanjang Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) atau jalur mudik.

"Semua SPBU di jalur mudik, di Jalinsum itu kami uji tera semua, kalau di dalam kota ada beberapa, nanti setelah diuji akan dipasangi stiker, yang menandai bahwa telah dilakukan pengujian alat takar di lokasi itu," kata dia lagi.

Wilson menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan karena ada arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk melakukan uji tera terhadap semua SPBU di jalur mudik demi menjamin kenyamanan dan kepercayaan pemudik.

"Sehingga saat masyarakat membeli BBM di SPBU, berapa yang dipesan akan keluar sesuai dengan jumlah pesanannya. Jadi belinya satu liter, keluarnya juga satu liter sesuai takaran," kata dia pula.

Ia pun mengatakan bahwa pelaksanaan uji tera terhadap SPBU di jalur mudik hingga kini masih berjalan dan akan berakhir Kamis (5/4) mendatang.

Selain melakukan uji tera kepada SBPU menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Perdagangan Bandarlampung juga telah melakukan pengujian alat ukur atau takar terhadap pedagang di pasar tradisional di kota setempat.

"Kalau uji tera kepada pedagang memang program rutin kami tiap bulan. Ini dilakukan setiap sebulan sekali di pasar tradisional yang dikelola pemda termasuk satu pasar yang dikelola oleh UPT," katanya pula.

Baca juga: ASN Riau dilarang mudik pakai kendaraan dinas

Baca juga: Dishub perkirakan 3,8 juta orang Lampung akan lakukan mudik Lebaran tahun ini