Kolinlamil siapkan lokasi pengungsian bagi korban kebakaran Depo BBM Plumpang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Pertamina

Kolinlamil siapkan lokasi pengungsian bagi korban kebakaran Depo BBM Plumpang

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyiapkan personel cepat tanggap untuk membantu warga dan korban kebakaran Depo BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. (ANTARA/Handout/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Komando Lintas Laut Militer TNI Angkatan Laut menyiapkan lokasi pengungsian bagi warga terdampak kebakaran Depo Bahan Bakar Minyak Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

"Menginstruksikan kepada seluruh jajaran yang berlokasi di Jakarta untuk melaksanakan aksi cepat tanggap pascabencana kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang," kata Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Aksi cepat tanggap itu dilakukan dengan mendata personel Kolinlamil dan warga yang kemungkinan menjadi korban.

Instruksi selanjutnya bagi Komandan Detasemen Markas Kolinlamil untuk menyiagakan prajurit divisi jaga dan prajurit tidur, siap siaga sewaktu-waktu untuk dikerahkan guna membantu evakuasi korban, termasuk menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran untuk dikerahkan apabila terjadi kebakaran lanjutan.

Panglima Kolinlamil secara langsung telah menghubungi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim untuk menawarkan bantuan berupa penyiapan tempat evakuasi warga yang terdampak kebakaran dengan menyiapkan akomodasi di tank deck KRI Banda Aceh-593 yang saat ini sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Laksda Yayan Sofiyan juga telah menyiagakan Dinas Kesehatan Kolinlamil untuk menerima dan membantu penanganan korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Reaksi cepat yang diambil Panglima Kolinlamil sebagai bukti komitmen Kolinlamil bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat dalam membantu dan menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali terkait upaya memperkokoh soliditas antar-matra TNI.

Selain juga menjalin sinergi dengan Polri, instansi pemerintah maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI.

Baca juga: Pertamina: Penyaluran BBM telah beroperasi kembali usai kebakaran Plumpang

Baca juga: Kementerian BUMN: Pertamina siap tanggung biaya perawatan korban kebakaran