Kendalikan inflasi, Pekanbaru terima bibit cabai dan bawang

id Bibit cabai,Kendalikan, inflasi, Pekanbaru ,terima, bibit cabai dan bawang ,seluas ,10 H

Kendalikan inflasi, Pekanbaru terima bibit cabai dan bawang

Aktifitas di sebuah pasar tradisional Pekanbaru. (ANTARA/Vera. (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru terima bantuan bibit cabai dan bawang merah dari Pemerintah Pusat untuk ditanam di lahan10 hektare yang berguna guna meningkatkan produksi pangan penyebab inflasi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Muhammad Firdaus mengatakan, bantuan bibit cabai dan bawang merah itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

"Jumlah bibit itu untuk luas tanam 10 hektare," terang Firdaus.

Firdaus mengatakan, bahwa pemberian bantuan APBN ini dalam rangka pencegahan inflasi. Penyebab inflasi meningkat, salah satunya dikarenakan naiknya harga cabai dan bawang merah.

"Bantuan kita dapatkan dalam bentuk benih atau bibit. Ini nanti akan ditanam di tanah pertanian di Sungai Ambang, Kecamatan Rumbai Timur," ungkap dia.

Bibit itu, lanjut dia, akan dibagikan kepada kelompok tani, yang sudah miliki lahan dan aktif bertani.

Selain itu, cabai merah akan ditanam di tiga wilayah yakni di daerah Rumbai Barat, Marpoyan Damai dan Kulim. Cabai dan bawang merah ini akan ditujukan kepada kelompok tani atau petani mandiri.

"Penanamannya nanti akan kita lakukan secara berkala. Ini juga dapat mendukung program tanam cabai dalam rangka pengendalian inflasi yang dilakukan Pemko Pekanbaru pada tahun lalu," jelasnya.

Selain meminta kelompok tani dan petani mandiri melaksanakan program tanam cabai dan bawang merah, dinasnya juga akan memberikan penyuluhan melalui penyuluh.

"Penyuluh ini akan melakukan sosialisasi agar pertumbuhan dan perawatan cabai dan bawang merah subur dan menghasilkan panen yang maksimal," pungkasnya.