Pengurus organisasi Islam di Meranti terima vaksin booster kedua

id Vaksin booster kedua ,Kapolres Meranti Andi ,PCNU ,GP Ansor ,Vaksinasi keempat

Pengurus organisasi Islam di Meranti terima vaksin booster kedua

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG bersama Kadis Kesehatan Muhammad Fahri mendampingi Ketua GP Ansor Kiai Mhd Shodiq mendapatkan suntikan vaksinasi booster kedua di Pos Vaksinasi Taman Cik Puan, Selatpanjang, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG memboyong Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor daerah untuk menerima suntikan vaksinasi COVID-19 booster kedua atau dosis keempat di Pos Vaksinator Taman Cik Puan, Selatpanjang, Rabu.

"Hari ini saya dan teman-teman dari PCNU serta GP Ansor menerima vaksinasi lanjutan booster kedua. Sebelumnya kami juga sudah mengatensikankepada seluruh personel," ujar Kapolres Andi.

Ia mengatakan langkah tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan Polri dalam menyukseskan program pemerintah dan mendorong herd immunity secara maksimal.

"Kami juga akan kembali menggalakkan seluruh Polsek hingga jajaran kembali mengaktifkan kegiatan pendampingan vaksinator door to door (dari rumah ke rumah)," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi lanjutan di belasan Puskemas, Pustu dan pos vaksin yang tersebar di Kepulauan Meranti.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kiai MShodiq menerangkan bahwa vaksinasi menjadi usaha atau upaya zahir dan batin dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Contohnya usaha zahir kita turut berupaya untuk mengikuti arahan pemerintah. Artinya menyambut baik program booster kedua. Sementara batin antara kita dan Allah. Semoga harapan kita bersama berjalan baik dan seluruh warga selalu sehat walafiat," tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti Muhammad Fahri menambahkan, vaksinasi dosis keempat bisa diberikan dengan jarak enam bulan dari dosis ketiga atau booster pertama. Keputusan pemberian vaksinasi booster lanjutan itu tertuang dalam surat edaran yang baru saja mereka terima beberapa hari sebelumnya.

"Sudah mulai sejak kemarin. Makanya kita imbau masyarakat segera," ujarnya.

Bahkan ia mengingatkan percepatan penerimaan vaksinasi secara gratis ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat. Karena dari informasi yang pihaknya terima pemerintah pusat sedang menyusun rencana terhadap vaksin berbayar.

"Terlanjur masih gratis iya dimanfaatkan segera. Saat ini dari informasi yang kami terima, ke depan kemungkinan akan berbayar," bebernya.

Apalagi, kata Fahri, jauh sebelum ini vaksin booster kedua hanya menyentuh kepada tenaga kesehatan dan lanjut usia (lansia). Saat ini realisasi vaksinasi di Kepulauan Meranti telah menyasar ke penduduk 363.541 ribu jiwa.

Dimana capaian vaksin pertama mencapai 86,3 persen dengan jumlah 155.367 orang, vaksin kedua mencapai 72,1 persen dengan jumlah 129.929 orang. Sementara vaksin booster satu mencapai 42,9 persen dengan jumlah 77.369 orang dan booster kedua baru mencapai 1,7 persen atau setara 604 orang.