BMKG prakirkaan hujan berpotensi turun meliputi mayoritas kota besar di Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, hujan

BMKG prakirkaan hujan berpotensi turun meliputi mayoritas kota besar di Indonesia

Warga berpayung untuk menghindari guyuran hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/11/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan meliputi mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Rabu.

Menurut informasi di info BMKG diikuti secara daring di Jakarta, di Pulau Sumatera terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir untuk wilayah Pangkalpinang, sedangkan untuk wilayah Palembang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Berbeda halnya untuk wilayah Bandar Lampung, diperkirakan hujan dengan intensitas lebat. Untuk wilayah Bengkulu diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, kemudian wilayah Jambi cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan wilayah Padang diperkirakan berawan.

Kemudian wilayah Medan diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, kemudian wilayah Aceh diperkirakan berawan dan untuk wilayah Pekanbaru diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

Perlu diwaspadai di wilayah Tanjungpinang, karena kondisi cuaca diperkirakan hujan yang disertai dengan petir.

Di Pulau Jawa, di mana secara umum kondisi cuaca terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Perlu diwaspadai di Surabaya,

karena kondisi cuaca untuk esok hari diperkirakan hujan yang disertai dengan petir.

Di Kalimantan, terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Pontianak, dan hujan dengan intensitas ringan di wilayah Palangkaraya. Sedangkan untuk wilayah Samarinda dan juga Banjarmasin, kondisi cuaca diperkirakan hujan yang disertai dengan petir. Sementara untuk wilayah Tanjung Selor diperkirakan hujan dengan intensitas lebat.

Selanjutnya terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Denpasar dan juga Mataram, sedangkan wilayah Kupang, diperkirakan hujan yang disertai dengan petir.

Selanjutnya bergeser ke pulau Sulawesi, secara umum kondisi cuaca di Sulawesi diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Namun berbeda halnya untuk wilayah Palu karena diperkirakan hujan yang disertai dengan petir, dan untuk wilayah Mamuju cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas lebat.

Selanjutnya menuju ke wilayah timur Indonesia dimana untuk wilayah Ternate, Ambon, Manokwari dan juga Jayapura cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: BPBD: Hujan deras sebabkan bencana banjir dan longsor di selatan Garut

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada hujan di mayoritas kota besar Indonesia
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2023