Harga minyak naik di Asia, karena stok AS ketat saat dilanda musim dingin

id Berita hari ini, berita riaua antara,berita riau terbaru, minyak

Harga minyak naik di Asia, karena stok AS ketat saat dilanda musim dingin

Ilustrasi - Harga minyak naik, grafik panah tumbuh. (ANTARA/Shutterstocks/aa)

Melbourne (ANTARA) - Harga minyak naik untuk hari keempat berturut-turut di perdagangan Asia pada Kamis sore, dengan minyak mentah AS, minyak pemanas dan stok bahan bakar jet tumbuh lebih ketat tepat saat ledakan musim dingin melanda Amerika Serikat dan perjalanan akan melonjak untuk musim liburannya.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 13 sen atau 0,16 persen, menjadi diperdagangkan di 82,33 dolar AS per barel pada pukul 07.13 GMT, memperpanjang kenaikan sekitar 2,7 persen dari sesi sebelumnya. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 17 sen atau 0,22 persen, menjadi diperdagangkan di 78,46 dolar AS per barel.

Kedua kontrak acuan melonjak pada Rabu (21/12) setelah data pemerintah menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun jauh lebih banyak dari yang diperkirakan para analis, membukukan penurunan 5,89 juta barel untuk pekan yang berakhir pada 16 Desember.

Stok sulingan, yang meliputi minyak pemanas dan bahan bakar jet, juga menurun, bertentangan dengan ekspektasi untuk peningkatan.

Penurunan stok datang karena permintaan untuk minyak pemanas akan melonjak saat badai musim dingin yang kuat melanda Amerika Serikat, dengan angin dingin di bawah nol diperkirakan sejauh selatan Texas dan perkiraan terendah yang memecahkan rekor untuk Florida dan negara bagian timur.

Konsumsi bahan bakar jet juga diperkirakan akan meningkat dengan ledakan perjalanan pasca-COVID untuk musim liburan akhir tahun.

"Pada angka-angka kami ... pasar minyak mentah sangat seimbang," kata Baden Moore, kepala penelitian komoditas National Australia Bank.

"Ketika kita melihat ke 2023, kita melihat pembukaan kembali China dan kemungkinan permintaan jet global yang terus meningkat (menuju level 2019) akan memperketat pasar minyak mentah global dan mendorong harga lebih tinggi," katanya.

Namun demikian, kekhawatiran permintaan yang berasal dari lonjakan COVID-19 China dan kekhawatiran resesi global dapat membuat harga minyak tetap terkendali.

"Keuntungan terlihat berlebihan, bahkan dengan penarikan persediaan AS yang tak terduga," kata Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights.

"Bearishness dari kekhawatiran permintaan kemungkinan besar akan terjadi pada jangka pendek," katanya.

China mungkin berjuang untuk mempertahankan jumlah infeksi COVID yang akurat karena mengalami lonjakan kasus yang besar, kata seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia pada Rabu (21/12), di tengah kekhawatiran tentang kurangnya data dari negara tersebut.

Baca juga: Harga minyak naik di awal sesi Asia karena stok AS jatuh dan dolar melemah

Baca juga: Harga minyak naik di Asia, ketidakpastian COVID China batasi keuntungan