BBPOM di Pekanbaru gelar Gebyar UMKM 2022 dukung pengembangan UMKM

id BBPOM di Pekanabru, bbpom pekanbaru

BBPOM di Pekanbaru gelar Gebyar UMKM 2022 dukung pengembangan UMKM

Pelaksanaan Gebyar UMKM 2022 oleh BBPOM di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - BBPOM di Pekanbaru bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar Gebyar UMKM 2022 dengan tagline “UMKM Maju Cemerlang Bersama BPOM” yang diikuti 22 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah memiliki izin edar dari BPOM.

Kegiatan yang berlangsung pada 16 - 18 Desember lalu, dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) PekanbaruIngot Ahmad Hutasuhut.

Saat membuka acara, Ingot memberikan apresiasi kepada BBPOM di Pekanbaru yang telah menaja kegiatan Gebyar UMKM 2022 sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi di Kota Pekanbaru yang terdampakCOVID-19.

"Boleh dikatakan UMKM merupakan aset Pemerintah Daerah, selain penggerak ekonomi kerakyatan, juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat (penyangga ekonomi keluarga), penyediaan dan perluasan lapangan kerja", ucapnya.

"Oleh karenanya, pentingnya produk memiliki izin edar karena akan meningkatkan nilai produk dan kepercayaan masyarakat sehingga pada akhirnya akan meningkatkan omset dari pelaku usaha," kata dia mengingatkan.

Dikatakannya juga, selain menjadi ajang promosi produk UMKM, kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang saat ini berkembang dengan sangat pesat di seluruh Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Riau.

UMKM wajib mendapatkan dukungan oleh seluruh pemangku kepentingan, utamanya oleh pemerintah terlebih pasca pandemik COVID-19 melanda dunia tak terkecuali Indonesia.

Sementara itu, Kepala BBPOM di PekanbaruYosef Dwi Irwanmenyampaikan kegiatan Gebyar UMKM selain sebagai ajang pengenalan produk UMKM hasil pendampingan Balai Besar POM di Pekanbaru, juga ada fasilitas konsultasi pendampingan izin edar bagi pelaku UMKM start up serta pemberian informasi kepada masyarakat tentang obat dan makanan yang aman dan bermutu.

Masyarakat dapat mengetahui contoh produk obat dan makanan melalui display produk ilegal sehingga tidak lagi mengkonsumsi karena berisiko terhadap kesehatan.

Yosef juga mendorong pelaku usaha jangan ragu mengurus izin edar di BPOM karena prosesnya mudah, terjangkau dan terukur sejauh diikuti mekanisme yang berlaku, dan jangan menggunakan calo. Petugas BBPOM di Pekanbaru siap mendampingi UMKM sampai terbit izin edar.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan dan hadiah dari Badan POM kepada Kelurahan Agrowisata - Kota Pekanbaru sebagai juara 5 Desa Pangan Aman Tingkat Nasional. Kegiatan ditutup dengan dilakukan kunjungan Asisten II Setdako Pekanbaru bersama Kepala BBPOM di Pekanbaru ke stand - stand UMKM.