Bandara Internasional Hang Nadim Batam siapkan ratusan petugas untuk pengaman akhir tahun

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Bandara

Bandara Internasional Hang Nadim Batam siapkan ratusan petugas untuk pengaman akhir tahun

Apel kesiapan penerapan posko pengamanan angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 oleh perwakilan setiap instansi di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (19/12). (ANTARA/Yude) (Ali)

Jakarta (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam siagakan ratusan petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan pada masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Untuk keterlibatan personel dari internal Bandara Hang Nadim, kurang lebih sekitar 150 orang. Dari eksternal (TNI/Polri, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Bea Cukai) masing-masing ada 10 orang personel. Untuk penjagaannya dibuat secara bergilir, pagi dan sore,” ujar Direktur Operasi Bandara Internasional Batam Nugroho Jati di Batam Kepulauan Riau, Senin (19/12).

Nugroho menjelaskan, pengoperasian posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini akan berlangsung dari tanggal 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

Lanjutnya, karena dalam pengoperasian posko ini melibatkan pihak lain, maka pihaknya menyiapkan beberapa posko yang nantinya bisa didatangi oleh masyarakat apabila ada mengalami masalah atau kendala saat berada di bandara.

"Ada posko keamanan, posko kesehatan dan posko pelayanan. Di dalam posko pelayanan juga termasuk posko informasi,” kata dia.

Sedangkan untuk syarat perjalanan terkait kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung ini kata dia, pihaknya masih menerapkan aturan dari pemerintah yaitu wajib sudah vaksin ketiga serta protokol kesehatan.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan update terkait dengan peraturan yang berlaku dan masih mengacu kepada satgas COVID nasional nomor 50 dan 52. Yaitu vaksin ketiga yang diwajibkan serta protokol kesehatan,” ucapnya.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan menambahkan, pihaknya mendukung kegiatan posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, sehingga dapat melayani masyarakat yang melaksanakan mudik mendapat kenyamanan dan lancar serta aman.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh pengguna bandara agar memahami kondisi saat mudik, karena penumpukan itu pasti terjadi dan masyarakat mohon bersabar dengan keadaan itu,” kata dia.

Baca juga: TNI AU perintahkan pesawat asing mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam