ITB akan bantu kembangkan Fakultas Teknik di Universitas Pahlawan Kampar

id Universitas pahlawan, ITB

ITB akan bantu kembangkan Fakultas Teknik di Universitas Pahlawan Kampar

Rektor UP Prof. Amir Lutfi bersama Dekan Fakultas Teknik Edwan foto bersama. (ANTARA/HO-UP)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Bangkinang Kota bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengembangan program studi pada Fakultas Teknik di perguruan tinggi di Kampar itu.

Kerja sama itu sudah dimulai pada 29 April 2022 dengan meneken Memorandum of Understanding (MoU). Sebagai tindaklanjutnya digelar webinar akademik di ruang pimpinan UP bertemakan strategi percepatan pengembangan perguruan tinggi unggul dengan orientasi dunia kerja, Sabtu.

Hadir sebagai pembicara utama DasrilS dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Rektor Universitas Pahlawan Prof. Dr. Amir Lutfi serta tiga narasumber yakni Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITS Prof. Yassierlidari Fakultas Teknik Sipil Dan Lingkungan ITB Edwan Kardena, PH.D dan Dessi Puji Lestari, S.T, M.ENG., Phd. dari Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB serta Guru Besar Fakultas Teknik UR Prof. Dr. Adrianto Ahmadsebagai moderator.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang diwakili DasrilS. yang membuka webinaritu berharap dengan terjalinnya kerjasama UP dan ITB maka program pendampingan pengembangan fakultas teknologi menjadi salah satu upaya jembatan UP menjadi perguruan unggul.

"Pandangan yang disampaikan melalui webinar ini akan memberikan pandangan dan peluang ke depan. Ini juga akan memberikan dampak sekaligus memberikan pengalaman bagi kita semua," katanya.

Sementara itu Rektor UP Amir Lutfi menyampaikan perlunya menyatukan pandangan dalam kerjasama bidang studi agar mempunyai nilai kualitas dan spirit yang sama sehingga apa yang diharapan dapat tercapai.

"Kerjasama ini dimulai dengan fokus pada pengembangan Fakultas Teknik UP dengan pendampingan langsung dari pihak ITB. Pada saat ini, Fakultas Teknik UP terdiri dari tiga program studi yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Industri, dan Prodi Teknik Sipil.

Prodi-prodi di Fakultas Teknik adalah prodi dengan bidang ilmu STEM (Science Technology Engineering and Math) yang saat ini masih didorong perkembangannya oleh pemerintah.

Oleh sebab itu, UP melakukan berbagai upaya untuk pengembangan prodi yang ada di Fakultas Teknik. Salah satunya dengan membina kerjasama dengan Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri seperti halnya ITB.

"Melalui kerjasama strategis dengan ITB, UP berharap dapat melakukan lompatan-lompatan dalam mencapai visi "Menjadi Universitas Berkualitas dan Berorientasi Kewirausahaan di Asia Tenggara 2042," jelasnya.

Ketua Panitia Safni Marwaberharap adanya transfer pengetahuan dari ITB tentang strategi pengembangan perguruan tinggi unggul dengan orientasi dunia kerja beserta kurikulum untuk ketiga proditersebut.

Kemudian akan sisiapkan laboratorium relevan untuk menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi serta pengembangan kapasitas SDM Fakultas Teknik UP dalam bentuk pelaksanaan aktifitas-aktifitas profesional ITB di Provinsi Riau dan sekitarnya.