Bazar UMKM dan festival kuliner diharapkan jadi ajang promosi di Inhil

id Dinas koperasi dan UKM Inhil, ilyanto, kadiskop UKM Inhil, festival kuliner, bazar UMKM,Unisi

Bazar UMKM dan festival kuliner diharapkan jadi ajang promosi di Inhil

Bupati Inhil, Muhammad Wardan didampingi Kadis Koperasi dan UKM Inhil, Ilyanto saat mengunjungi salah satu stand UMKM yang menjual kudapan berbahan dasar kelapa, Kamis (17/11/2022). (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi UKM InhilIr Ilyanto mengatakan kegiatan Festival Kuliner dan Bazar UMKM yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bekerjasama Prodi Manajemen dan Bisnis Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan hendaknya menjadi ajang promosi produk serta membuka peluang fasilitas kemitraan bagi pelaku usaha setempat

“Ini harus menjadi solusi dalam permasalahan usaha, seperti promosi produk juga meningkatkan percaya diri dalam menjalankanusaha yang kita miliki,” ucap Ilyanto usai pembukaan kegiatan yang digelar di Lapangan Kampus II Unisi Tembilahan, Kamis.

Ilyanto mengatakan, secara umum kegiatan bazar UMKM dan festival kuliner adalah bentuk aksi kemitraan yang dilaksanakan Diskop UKM dan Unisi yang bertujuan memperkuat modal pemberdayaan UMKM.

“Kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi dari Pemerintah daerah terhadap keberadaan UMKM dan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, Ilyanto berharap, dapat menumbuhkan jiwa wirausaha dan kreatifitas yang tinggi bagi pelaku usaha, mampu berdaya saing, kreatif dan inovatif serta memberikan pengalaman dalam berwirausaha bagi pelaku UMKM di Inhil.

Kegiatan bazar dan festival kuliner diikuti 53 peserta yang terbagi dalam 23 stanbazar UMKM dan 30 peserta festival kuliner. Kegiatan tersebut akan. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari pada 17-19 November 2022.

Selain bazar dan festival kuliner, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai lomba seperti lomba kuliner, karaoke, mewarnai TK/PAUD dan lomba penampilan kreasi mahasiswa.

Sementara Bupati InhilMuhammad Wardan dalam sambutannya menyebutkan kegiatan bazar dan festival kuliner adalah penegasan bahwa pemerintah daerah selalu berupaya melindungi usaha kecil dan menengah.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi UKM yang telahmenggagas kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan bazar UMKM dan festival kuliner dapat terus diselenggarakan selain sebagaiajang promosi juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Inhil.

Di akhir kegiatan pembukaan bazar UMKM dan festival kuliner juga diserahkan penghargaan dari pemerintah daerah melalui dinas Koperasi UKM Inhil kepada sejumlah pelaku UMKM berprestasi.