UMKM berperan penting bagi pembangunan ekonomi suatu daerah

id UMKM , koperasi ukm Inhil, Diskop UKM, Ilyanto

UMKM berperan penting bagi pembangunan ekonomi suatu daerah

Sosialisasi permodalan dan dan Kemitraan bagi Usaha Mikro yang digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (ANTARA/

Tembilahan (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi UKM Inhil, Ir. Ilyanto, MT mengatakankehadiran UMKM memiliki peran strategis bagi pembangunan ekonomi suatu daerah sehingga perlu dukungan dari pemerintah.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap keberadaan UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Inhil gelar sosialisasi permodalan dan kemitraan bagi usaha mikro.

“Dalam rangka pemberdayaan usaha mikro, memang perlu dukungan pemerintah daerah dalam membantu menumbuhkan iklim usaha melalui sumber pembiayaan untuk dapat mengakses kredit perbankan atau sumber pendanaan lainnya,” tutur Ilyanto.

Ia mengatakan, salah satu pembiayaan yang bisa diberikan perbankan dalam mendukung peningkatan kapasitas daya saing UKM adalah KUR.

Dalam sosialisasi yang dibuka Kadis Ilyanto sejumlah narasumber dalam sosialisasi program kemitraan antar lembaga perbankan dan non perbankan dijelaskan terkait persyaratan kredit untuk KUR, Supermikro, KUR Mikro, KUR Kecil atau pun KUR khusus.

Selain terkait permodalan bagi usaha mikro, juga dijelaskan perlindungan hukum bagi usaha mikro dari perwakilan Polres Inhil.

Ilyanto mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan fasilitas kredit sehingga mendapatkan akses pembiayaan untuk memperkuat modal usaha.

“Selanjutnya kepada seluruh peserta sosialisasi diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan berdiskusi bersama narasumber,” ucap Ilyanto.