Rutan Pekanbaru Larang RZ Rayakan Ultah

id rutan pekanbaru, larang rz, rayakan ultah

Rutan Pekanbaru Larang RZ Rayakan Ultah

Pekanbaru, (antarariau.com) - Otoritas Rumah Tahanan Klas IIB Pekanbaru menolak permohonan mantan Gubernur Riau Rusli Zainal (RZ) yang ingin merayakan pesta syukuran ulang tahunnya ke-58 dengan mengundang ratusan anak yatim.

"Aturan tidak memperbolehkan hal itu," kata Kepala Rutan Klas IIB, Sugeng Hardono, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan langsung menolak permohonan RZ untuk menggelar pesta, meski acara bersifat syukuran. Sebabnya, dalam aturan sangat tegas mengatur siapa saja yang berhak masuk ke dalam Rutan.

Karena itu, Rutan memberlakukan jam besuk yg harus ditaati. Masuknya orang asing ke dalam rutan dikhawatirkan bakal menimbulkan masalah keamanan, dan kecemburuan sosial dari tahanan lainnya.

Meski begitu, ia mengatakan hanya bisa memperbolehkan acara selamatan apabila melibatkan sesama tahanan.

"Kalau sekedar keluarga atau koleganya, ya silahkan saja. Kami tidak melarang hal itu," katanya.

Karena batal mengundang anak yatim, akhirnya RZ tetap menggelar syukuran Ultah bersama petugas dan ratusan tahanan di Rutan.

"Ya akhirnya acara ulang tahunnya, makan bersama dengan para tahanan. Beliau menyediakan 600 nasi kotak kabarnya," kata Sugeng.

RZ hingga kini ditahan di Rutan terkait statusnya sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi kehutanan dan suap PON XVIII/2012. Proses persidangn hingga kini masih berlangsung di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.