Warga Inhu siap-siap, ada Operasi Zebra selama 14 hari ke depan

id Rengat,Indragiri Hulu

Warga Inhu siap-siap, ada Operasi Zebra selama 14 hari ke depan

Kapolres Inhu Beri Pembekalan Kepada Personil Gabungan untuk OP - LK 2022 (ANTARA/ASRI)

Rengat (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu AKBP Bachtiar Alponso berpesan masyarakat tetap taat aturan berlalu lintas dan mendukung kegiatan operasi lalu lintas mengingat Polres menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 selama dua minggu yakni 3 - 16 Oktober 2022 atau 14 hari ke depan di seluruh wilayah setempat.

Sebagai tanda operasi dimulai, Senin pagi, dilaksanakan upacara gelar pasukan di Mapolres yang bertujuanmemberikan pembekalan kepada seluruh personel gabungan sebelum melakukan operasi di lapangan.

Selama operasi, personel tetap mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, juga didukung dengan penegakan hukum secara elektronik atau teguran simpatik.

"Ini dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dan penegakan hukum," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengatakan, ada tujuh target dan sasaran pelanggaran yang akan ditindak dalam operasi tersebut.

Yakni, menggunakan ponsel saat berkendara, anak-anak di bawah umur dilarang mengendarai kendaraan bermotor, berboncengan lebih dari satu orang bagi pengendara sepeda motor.

Selain itu, wajib memakai helm standar SNI dan sabuk keselamatan atau safety belt bagi pengendara kendaraan roda empat atau lebih.

Kemudian, pengendara yang berada dalam pengaruh alkohol atau obat - obatan terlarang, dan kendaraan tidak melawan arus dan melebihi batas kecepatan yang ditentukan rambu - rambu.