Pendaftaran ditutup, Bawaslu Inhil terima 494 pendaftar Panwascam

id Bawaslu Inhil, pendaftaran panwascam

Pendaftaran ditutup, Bawaslu Inhil terima 494 pendaftar Panwascam

Proses pendaftaran calon Anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) di Kantor Bawaslu Inhil, Rabu (28/9/2022). (ANTARA/dok)

Tembilahan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Indragiri Hilir, Riau, mencatat sebanyak 494 masyarakat mendaftar sebagai calon Anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) untuk Pemilu Tahun 2024 hingga batas akhir penerima pendaftaran Selasa (27/9).

Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Agus Malik Rabu menyebutkan, 494 orang pendaftar tersebut terdiri dari 380 orang laki-laki dan 114 orang perempuan.

“Masa pendaftaran calon Pengawas Pemilu untuk tingkat kecamatan tersebut dimulai sejak tanggal 21 September 2022 dan ditutup pada 27 September 2022. Penerimaan berkas dilakukan melalui jalur ofline, jalur online dan via pos kilat,” ujar Agus Malik di Tembilahan.

Agus mengatakan, khusus untuk Kecamatan Kuala Indragiri, Kecamatan Pelangiran dan Kecamatan Pulau Burung akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran dikarenakan jumlah pendaftar di tiga kecamatan tersebut masih belum memenuhi afirmasi keterwakilan perempuan 30 persen.

"Untuk pengumuman resminya akan kita umumkan pada tanggal 1 Oktober 2022 mendatang," tururnya.

Sesuai jadwal tahapan, lanjut Agus, mulai 28-30 September 2022 pihaknya akan melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran dari para calon anggota Panwaslu Kecamatan.

“Sesuai jadwal, hasilnya berapa orang yang dinyatakan lulus administrasi dan tidak lulus akan kita umumkan pada tanggal 12 Oktober 2022 mendatang," terang Agus.

selanjutnya, pihaknya akan membuka tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap para calon yang dinyatakan lulus administrasi hingga tanggal 18 Oktober 2022 dengan datang langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir atau melalui email set.indragirihilir@bawaslu.go.id.