Bawaslu di Inhil butuh 60 petugas

id Bawaslu inhil,Ketua bawaslu inhil, muhammad dong, rekrutmen petugas panwascam Inhil,Pemilu 2024

Bawaslu di Inhil butuh 60 petugas

Ketua Bawaslu Inhil, Muhammad Dong menjelaskan tahapan rekrutmen petugas Panwascam kepada Wartawan, Kamis (15/9/2022). (ANTARA/

Tembilahan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Indragiri Hilir, Riau, membuka rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) mulai 15-21 September 2022, sebagai persiapan pemilu serentak 2024 mendatang.

“Proses rekrutmen dilakukan oleh Pokja melalui Bawaslu, prosesnya akan kita lakukan sesuai UU serta syarat tertentu,” ucap Ketua Bawaslu Inhil, Muhammad Dong dalam konferensi pers kepada wartawan, Kamis.

Muhammad Dong menyampaikan, Bawaslu membutuhkan 60 orang petugas Panwascam dengan rincian tiga petugas di setiap Kecamatan.

“Jumlah pendaftar setiap Kecamatan minimal adalah enam orang dengan memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan. Kesimpulan akhir yang nantinya akan dilantik sebanyak tiga orang sehingga jumlah yang direkrut sebanyak 60 orang pengawas Kecamatan,” tuturnya.

Dia mengatakan, terdapat sejumlah syarat serta mekanisme perekrutan petugas Panwascam salah satunya adalah calon petugas tidak terafiliasi partai politik serta bersih dari keterkaitan minimal lima tahun.

Adapun tahapan perekrutan meliputi tahapan administrasi, tes tertulis dan cat, hingga tes wawancara oleh lima komisioner Bawaslu Inhil.

Bagi masyarakat Inhil yang ingin mendaftar sebagai petugas Panwascam bisa langsung mendaftar ke Kantor Bawaslu Inhil atau mengunjungi situs website Bawaslu Inhil untuk informasi lebih lanjut.

Ketua tim Pokja Bawaslu Inhil, Agus Malik mengatakan Bawaslu membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di Inhil untuk berpartisipasi dalam pencalonan petugas Panwascam dengan syarat umur calon pendaftar 25 tahun.

"Intinya kami memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik di Kabupaten Inhil untuk mendaftar Panwascam. Selagi memenuhi persyaratan, tidak menyalahi aturan di pedoman perekrutan maka semua berhak mendaftar, yang penting ber KTP Inhil,” ucapnya.