Bappenas: Keseimbangan ekonomi dan lingkungan akan ciptakan masa depan tangguh

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, G20

Bappenas: Keseimbangan ekonomi dan lingkungan akan ciptakan masa depan tangguh

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Development Ministerial Meeting Presidensi G20 RI di Belitung, Rabu (7/9/2022). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan keseimbangan antara kebijakan sosial, ekonomi, hingga lingkungan, merupakan faktor kunci untuk mewujudkan masa depan masyarakat yang tangguh dan sejahtera.

"Keseimbangan antara kebijakan sosial ekonomi dan lingkungan adalah faktor kunci membuat ekonomi masa depan kita lebih tangguh dan sejahtera,” katanya dalam Development Ministerial Meeting (DMM) Presidensi G20 RI yang diikuti Antara di Jakarta, Rabu.

Suharso menekankan harus ada keseimbangan kebijakan ini mengingat Indonesia dan global masih mengalami tekanan cukup berat akibat dampak pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan perekonomian global, termasuk para negara anggota G20, terkena risiko seperti penurunan pertumbuhan ekonomi, kekurangan energi, dan gangguan rantai pasokan.

Tak hanya itu, kata dia, adanya tantangan transisi dari bahan bakar fosil ke energi baru terbarukan pun turut menghambat proses pemulihan ekonomi global.

"Harga komoditas yang lebih tinggi juga meningkatkan risiko penurunan tingkat pemulihan ekonomi,” ujar Suharso.

Di sisi lain ia mengingatkan bahwa tidak hanya aspek ekonomi yang mengalami tekanan melainkan juga aspek sosial seperti penurunan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kemiskinan.

Terlebih lagi, kata dia, global pun turut dihadapkan dengan risiko iklim yang merupakan isu paling kritis baik dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Presidensi G20 Indonesia mengedepankan kepedulian terhadap peningkatan ketahanan global bersama karena negara-negara tidak bisa bekerja sendiri untuk pulih dari pandemi COVID-19.

"Kita menghadapi tantangan saat ini dan masa depan untuk kembali normal dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang masih menjadi agenda utama kita ke depan,” ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Baca juga: Menteri PPN Suharso Monoarfa sebut indikator kesejahteraan petani 2021 lampaui target

Baca juga: Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa katakan PPP akan bangkit pada Pemilu 2024