Gubernur Riau resmikan 21 unit RLH tahap kedua 2022 bagi korban longsor

id Pemrov Riau

Gubernur Riau resmikan 21 unit RLH tahap kedua 2022 bagi korban longsor

Gubri Riau Syamsuar meresmikan pengerjaan fisik Rumah Layak huni (RLH) di inhil, Selasa (6/9/2022) ANTARA/HO-Diskominfotik Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Gubri Riau Syamsuar meresmikan pengerjaan fisik rumah layak huni (RLH) tahap kedua tahun 2022 sebanyak 21 unit dengan melakukan peletakan batu pertama di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah.

"RLH ini diperuntukkan bagi masyarakat korban bencana longsor di Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir. Program ini sebagai bentuk upaya bersama memberikan jaminan dan kelayakan, sekaligus meningkatkan kualitas dan derajat hidup masyarakat," kata Syamsuar dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Syamsuar pengerjaan fisik RLH dilakukan untuk membantu dan membangun kembali rumah warga yang jatuh ke laut karena longsor dan kegiatan ini sama dilakukan pada tahun sebelumnya.

Pada kesempatan itu Syamsuar menghimbau masyarakat agar tidak membangun rumah di daerah-daerah rawan terjadi bencana terutama tepian sungai yang rawan terjadi longsor.

"Dengan kondisi begini tentunya kita harus mencari solusi. Salah satu solusinya memang rumah harus jauh dari laut karena abrasi tidak bisa dihindari," katanya.

Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan melaporkan bahwa Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau yang memiliki tingkat bencana yang cukup tinggi seperti longsor dan banjir akibat pasang surut air laut.

Muhammad Wardan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang peduli kepada masyarakat korban bencana longsor di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Untuk tahun 2021 saja, Pemerintah Provinsi Riau telah membangun 20 unit rumah layak huni di dua desa yaitu Desa Tanjung Baru dan Desa Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah. 10 unit itu rumah di Kuala Enok, yang 10 lagi disini Tanjung Baru," katanya.

Lebih lanjut, Bupati Wardan juga menyampaikan bahwa tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi Riau juga akan memulai pembangunan rumah layak huni tahap kedua sebanyak 21 unit di Kabupaten Indragiri Hilir yang terdiri dari 10 unit melalui dana bantuan keuangan provinsi dan 11 unit melalui dana APBD Provinsi Riau.

Pengerjaan fisik RLH untuk korban longsor di Kabupaten Indragiri Hilir berarsitektur rumah panggung kawat diplester ukuran 36 meter persegiditambah kamar mandi. (Adv)