Manggala Agni Riau apresiasi peluncurkan buku cerita karhutla

id Manggala Agni, Sinar Mas, buku, karhutla

Manggala Agni Riau apresiasi peluncurkan buku cerita karhutla

Vice President Agronomy Sinar Mas Agribusiness and Food untuk area Riau, Septianus Harianja secara simbokis memberikan buku cerita anak Rumbun dan Sahabat Rimba kepada Koordinator Manggala Agni Wilayah Riau, Edwin Putra. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan KehutananManggala Agni Wilayah Riau mengapresiasi peluncuran buku cerita tentang pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Koordinator Wilayah Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra di Sei Rokan Training Center, PT Ivomas Tunggal, Sinar Mas Agribusiness and Food, Kandis, Kabupaten Siak, Rabu, menyebutkan ada dua buku yang diluncurkan yakni edisi kedua bertema pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang diperuntukkan bagi guru dan murid sekolah dasar.

Kemudian edisi ketiga tentang fungsi dan tugas Manggala Agni dan Masyarakat Siaga Api yang dibentuk Sinar Mas Agribusiness and Fooducapnya diperuntukkan bagi guru dan siswa sekolah menengah pertama.

"Kami telah baca dan banyak hal bagaimana tugas Manggala Agni dan masyarakat siaga api. Melalui inisiatif ini, generasi muda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebakaran hutan dan didorong untuk memberikan advokasi praktik-praktik yang bertanggung jawab terkait pencegahan dan pengendalian kebakaran,” kata EdwinPutra.

Acara peluncuran ini dihadiri sekitar 75 siswa, guru dan kepala sekolah dari beberapa sekolah di Siak.

Selain itu ada kegiatan mendongeng, permainan edukasi gambut, pengenalan sarana dan prasarana pemadam kebakaran lahan dan simulasi secara langsung cara memadamkan api oleh tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) Perusahaan dan MSA.

Kedua buku tersebut menyusul keberhasilan peluncuran edisi pertama di tahun 2020 bekerja sama dengan dinas pendidikan dan guru setempat memberikan informasi yang mudah dipahami kepada anak-anak SD tentang kebakaran hutan dan tindakan pencegahannya.

Sekitar 6.000 buku cerita tersebut dibagikan ke sekolah-sekolah di daerah rawan kebakaran seperti di Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Selanjutnya, untuk edisi kedua dan ketiga beberapa bulan ke depan sekitar 7.500 buku cerita berjudul Rumbun dan Sahabat Rimba akan dibagikan. Itu diberikan kepada anak-anak, guru dan masyarakat di seluruh area perkebunan yang rawan kebakaran.

Edwin mengatakan sebagai perusahaan agribisnis berkelanjutan dengan kegiatan operasional perkebunan di Indonesia, Sinar Mas Agribusiness and Food berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya secara bertanggung jawab.

Melalui kepatuhan yang ketat terhadap kebijakan nihil bakar, 99,97 persen area Sinar Mas Agribusiness and Food bebas kebakaran selama tahun 2021.

Vice President Agronomy Sinar Mas Agribusiness and Food untuk area Riau, Septianus Harianja mengatakan pada tahun 2016, pihaknya sudah meluncurkan Program Desa Makmur Peduli Api.

Ini mencakup berbagai inisiatif yang dirancang untuk mencegah dan mengelola kebakaran, termasuk penyebaran lebih dari 10.000 personel tanggap darurat yang bersiaga di seluruh perkebunan.

Program DMPA membangun kapasitas masyarakat lokal untuk mencegah dan mengatasi kebakaran melalui pelatihan pencegahan kebakaran, penyediaan infrastruktur dasar pemadam kebakaran, dan membangun proses peringatan dini untuk menghadapi risiko kebakaran.

Hingga saat ini, 90 desa telah terdaftar dalam Program DMPA di Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan program DMPA di Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"Untuk di Siak ada 11 desa dan kelurahan dalam Program DMPA. Ini mencakup seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Kandis," ucapnya.