Personel RPK enam distrik APP-Sinarmas disertifikasi Manggala Agni

id Sinar mas, karhutla, siak, app sinar mas, arara abadi,Manggala agni

Personel RPK enam distrik APP-Sinarmas disertifikasi Manggala Agni

Kepala Daops Siak Manggala Agni, Ihsan Abdillah memberikan pelatihan kepada RPK enam distrik PT Arara Abadi APP Sinarmas. (ANTARA/HO-Manggala Agni)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 23 orang personel regu pemadam kebakaran dari enam distrik baik dari unit usaha maupun mitra pemasok PT Arara Abadi Asian Pulp and Paper Sinarmas mengikuti pelatihan sertifikasi pemadam kebakaran.

Pelatihan tersebut diberikan oleh Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibantu pihak TNI dan Polri. Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari mulai Rabu (3/11) di Distrik Merempan tempat mitra pemasok PT Arara Abadi, PT Rimba Mandau Lestari.

Kepala Daerah Operasi Siak Manggala Agni, Ihsan Abdillah menyampaikan kerjasama pelatihan ini sudah dilakukan sejak tahun 2000an. Biasanya personel pemadam perusahaan yang datang ke pihaknya, namun saat ini karena pandemi COVID-19 tim pelatih yang mendatangi.

"Dulu bisa 80an orang dari semua distrik, tapi sekarang instruktur yang datang ke lokasi karena suasana COVID-19. Itupun tak terlalu banyak peserta," katanya, Rabu.

Menurutnya pelatihan ini dalam rangka memenuhi Peraturan Menteri LHK nomor P.32 tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Disebutkan bahwa lahan di bawah 20 ribu hektare paling tidak memiliki satu regu pemadam kebakaran yang berjumlah 15 orang.

"Seperti PT RML walaupun perusahaan mitra PT Arara Abadi APP Sinarmas, tapisudah mematuhi. Timnya sudah lebih 15, mesin induk lebih dari satu, Drone ada empat. Tapi tim ini perlu bersertifikat karena di sini ada juga pelatihan penyelamatan diri dari TNI," ujarnya.

Sementara itu, Deputy Fire Operation Management PT Arara Abadi APP Sinarmas, Decha AF Hane mengatakan personel RPK baik dari unit usaha maupun mitra pemasok agar bekerja sesuai standar P KLHK 32. Salah satunya seluruh anggota wajib tersertifikasi lembaga resmi pemerintah yakni Manggala Agni.

"Pada dasarnya kita sudahmelebihi baik orang maupun peralatan di distrik. Belum lagi didukung Arara Abadi, tapi perlu orang terpilih dalam segi pengetahuan fisik, mental, juga memelihara peralatan," ungkapnya didampingi Humas PT Arara Abadi, Nurul Huda.

Dia mengatakan enam distrik yang ikut selain dari PT RML juga ada dua mitra pemasok yakni dari DistrikBungaraya dan Malako Pelalawan. Sisanya dari Unit Usaha PT Arara Abadi yakni Distrik Siak, Minas, dan Kelawaran, Inderagiri Hulu.

Ditambahkannya bahwa perusahaan dalam hal karhutla juga bertanggungjawab pada daerah penyangga 5 kilometer. Namun untuk bantuan pihaknya juga bisa memberikan bantuan 8-10 km selagi masih dalam jangkauan.

Tuan rumah kegiatan, Fire Marshal RPK Distrik Merempan PT RML, Fahrurrozi mengatakan darinya ikut lima anggota untuk pelatihan. Saat ini timnya 13 orang yang sudah bersertifikat untuk menjaga karhutla pada area perusahaan seluas 5.200 ha.